Merayakan tahun baru masehi perspektif hadis: Studi Ma‘ani Al-Hadith Riwayat Sunan Abi Dawud Nomor Indeks 1134

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, May Farida (2019) Merayakan tahun baru masehi perspektif hadis: Studi Ma‘ani Al-Hadith Riwayat Sunan Abi Dawud Nomor Indeks 1134. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
May Farida Nabila_E05215019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kitab Sunan Abi Dawud merupakan salah satu kitab hadis dari jajaran Kutub al Sittah. Sistematika penyusunan Kitab ini disesuaikan dengan sistematika kitab fiqh pada umumnya. Selain itu dalam Kitab Sunan Abi Da wud juga tidak memuat seputar hadis sahih saja, tetapi lebih dari itu, apabila beliau mencantumkan hadis d}a’if maka beliau akan mencantumkan alasan mengapa hadis itu lemah. Dalam penelitian ini penulis akan mengangkat sebuah judul tentang: Merayakan Tahun Baru Masehi Perspektif Hadis (Studi Ma’a ni Al-Hadi th Riwayat Sunan Abi Da wud Nomor Indeks 1134)” dengan rumusan masalah yakni bagaimana kualitas hadis merayakan tahun baru Masehi dalam Sunan Abi Dawud Nomor Indeks 1134. Bagaimana kehujjahan hadis merayakan tahun baru Masehi dalam Sunan Abi Dawud Nomor Indeks 1134. Bagaimana implementasi hadis merayakan tahun baru Masehi di era sekarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi ma’ani al-h adi th. Dalam penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan diantaranya adalah kualitas sanad hadis dalam Sunan Abi Dawud Nomor Indeks 1134 tentang merayakan tahun baru Masehi adalah berstatus sahih lidzatihi baik dari matan maupun sanadnya. Sedangkan kehujjahan hadis tersebut adalah maqbul ma’mulun bihi yaitu dapat diterima dan diamalkan. Adapun implementasi hadis tersebut di era sekarang adalah masih kurang, karena hingga saat ini masyarakat masih terus mengagungkan dan merayakan tahun baru masehi, padahal sudah jelas perayaan itu berasal dari umat non-Muslim dan merupakan bentuk tasyabbuh (penyerupaan) terhadap orang kafir, hal ini bisa disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai ilmu agama dan ilmu pengetahuan lain yang berkaitan dengan topik pembahasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, May Faridamayfarida927@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Uncontrolled Keywords: Tahun Baru; Hari Raya; Sunan Abi Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Nabila May Farida
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:25
Last Modified: 25 Jul 2019 04:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32745

Actions (login required)

View Item View Item