Pengembangan Media Edu-Game Monopoly keterampilan bericara pada mata kuliah Bahasa Indonesia di PGMI STAI Daruttaqwa Suci Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Ilmiatus (2017) Pengembangan Media Edu-Game Monopoly keterampilan bericara pada mata kuliah Bahasa Indonesia di PGMI STAI Daruttaqwa Suci Manyar Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Ilmiatus Sholihah_F02A15191.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran keterampilan berbicara pada mata kuliah bahasa Indonesia di PGMI STAI Daruttaqwa Suci Manyar Gresik ini didasarkan pada minimnya keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa PGMI STAI Daruttaqwa, khususnya mahasiswa semester II. Selain hal tersebut, juga dikarenakan minimnya media pembelajaran yang membuat mahasiswa menjadi aktif dan memotivasi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media edu-game monopoly keterampilan berbicara pada mata kuliah bahasa Indonesia di strata I PGMI STAI Daruttaqwa Suci Manyar Gresik, untuk mengetahui validitas media edu-game monopoly keterampilan berbicara pada mata kuliah bahasa Indonesia di STAI Daruttaqwa Suci Manyar Gresik, untuk mengetahui kepraktisan media edu-game monopoly keterampilan berbicara pada mata kuliah bahasa Indonesia di Strata I PGMI STAI Daruttaqwa Suci Manyar Gresik, dan untuk mengetahui keefektifan media edu-game monopoly keterampilan berbicara pada mata kuliah bahasa Indonesia di Strata I PGMI STAI Daruttaqwa Suci Manyar Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D). Adapun hasil penelitian pengembangan media edu-game monopoly keterampilan berbicara yaitu; prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan Dick & Carry, yang terdiri dari 8 tahap yaitu 1) menganalisis kebutuhan dan tujuan, 2) mengidentifikasi pembelajaran dan karakteristik mahasiswa, 3) merumuskan tujuan performansi, 4) pengembangkan instrumen, 5) pengembangkan strategi pembelajaran, 6) pengembangkan media pembelajaran, 7) merancang dan melakukan evaluasi, dan 8) revisi. Subyek uji coba adalah mahasiswa semester II PGMI STAI Daruttaqwa Suci Manyar Gresik. Tingakat validitas media menurut ahli materi bahasa Indonesia mendapat skor 84% dan 80% yakni dikategorikan sangat valid dan menurut ahli media mendapat skor 82,7% yakni dikategorikan valid. Tingkat kepraktisan media edu-game monopoly mendapat skor 82,3% yakni dikategorikan baik atau praktis. Tingakat efektifitas media berdasarkan skor perolehan hasil pre-tes 55,8 % dan pos-tes 81,5% yakni mengalami peningkatan, hasil respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan media edu-game monopoly mendapat skor 88,8% yakni dikategorikan sangat baik, maka tingkat efektivitas media edu-game monopoly berdasarkan hasil belajar dan respon mahasiswa dikategorikan sangat baik atau sangat efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Ilmiatusilmiatussholihah1@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAlfin, JauharotiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Edu-Game Monopoly; Keterampilan Berbicara; Mata Kuliah Bahasa Indonesi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sholihah Ilmiatus
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:55
Last Modified: 25 Jul 2019 04:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32744

Actions (login required)

View Item View Item