Pemaknaan hadis perempuan mayoritas penghuni neraka perspektif Fatimah Mernissi: Pemahaman Hadis S}hah}ih Bukhari No 3241 dengan Teori Double Investigation

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Nina Mar'atus (2019) Pemaknaan hadis perempuan mayoritas penghuni neraka perspektif Fatimah Mernissi: Pemahaman Hadis S}hah}ih Bukhari No 3241 dengan Teori Double Investigation. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nina Mar'atus Sholihah_E05215026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada zaman sekarang orang-orang perempuan lebih banyak mengikuti kegaiatan rohaniah seperti mengikuti majlis ta’lim, yasin, tahlil, manaqib dan lain sebagainya dari pada kaum laki-laki tetapi pada hadis shahih Bukhari no Indeks 3241 mengatakan bahwasanya perempuan banyak menjadi penghuni neraka dari pada kaum laki-laki, Maka dari itu penulis akan melakukan penelitian pada hadis ini dengan rumusan masalah sebagai berikut, bagaimana kehujjahan hadis Bukhari no Indeks 3241, bagiamana kualiatas hadis Bukhari no Indeks 3241 dan bagaimana pemaknaan hadis tersebut menurut sudut pandang tokoh feminis Fatimah Mernissi yang menggunakan teori Double Investigation, meskipun pada dasarnya hadis ini diriwayatkan oleh periwayat yang Shahih namun menurut Fatimah Mernissi perlu adanya penelitian jika hadis ini termasuk merendahkan perempuan atau hadis-hadis Misoginis, dan setelah penulis teliti dengan menggunakan penelitian kepustakaan (Library research) hasil dari penelitian hadis ini adalah berkualitas shahih sebab telah memenuhi kriteria keshahihan sanad dan keshahihan matan hadis, dan mengenai kehujjahan hadis ini adalah maqbul ma'mulun bihi atau hadis yang dapat diamalkan karena hadis ini mengandung pengertian yang jelas tidak bertentangan dengan al-qur’an maupun riwayat hadishadis lain. Maka dari itu hadis yang dibahas oleh penulis dapat dijadikan sumber hukum dalam menyelesaikan suatu masalah dalam umat muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Nina Mar'atusninasholihah04@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhirat > Neraka
Gender
Hadis
Uncontrolled Keywords: Perempuan; penghuni neraka; Shahih Bukhari.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Sholihah Nina Mar'atus
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:47
Last Modified: 25 Jul 2019 04:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32742

Actions (login required)

View Item View Item