Pengaruh pemberian modal usaha, bantuan tunai bersyarat, pelatihan FDS, dan pendampingan terhadap kesejahteraan keluarga Muslim melalui program KUBE PKH Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudhi, Imam (2019) Pengaruh pemberian modal usaha, bantuan tunai bersyarat, pelatihan FDS, dan pendampingan terhadap kesejahteraan keluarga Muslim melalui program KUBE PKH Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Wahyudhi1_ F120415230.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peserta Kube yang mendapatkan bantuan modal usaha, sekaligus menjadi peserta PKH yang mendapatkan bantuan tunai bersyarat, Pelatihan FDS, dan pendampinganuntuk mengetahui pengaruhnya terhadap kesejahteraan keluaraga peserta. Penelitian ini dilakukan terhadap peserta Kube PKH di kecamatan Gresik Kabupaten Gresik Melalui pendekatan secara kuantitatif, penelitian ini menguji secara empiris baik secara simultan maupun parsial pengaruh pemberian modal, bantuan tunai bersyarat, pelatihan FDS (Familly Development Session), dan pendampingan terhadap kesejahteraan keluarga. Dalam membuktikan dan mengalisis hal tersebut, maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji f dan uji t. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 peserta, penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling karena populasi yang terbatas dan sudah diketahui. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan pengukuran skala likert, wawancara pada pegawai dan dokumentasi. Hasil pengujian koefisien regresi secara simultan diperoleh fhitung sebesar 193.337 lebih besar dari pada ftabel sebesar 3.09, maka pemberian modal usaha, bantuan tunai bersyarat, pelatihan FDS, dan pendampingan secara simultan berpengaruh positif terhadap kesejahteraan keluarga. Pada pengujian koefisien regresi secara parsial diperoleh modal usaha 2.848,bantuan tunai bersyarat 2.490, pelatihan FDS3.889, dan pendampingan 3.773. Semua perhitungan menunjukkan lebih besar dari perhitungan ttabel1.983. Artinya masing-masing variabel bebas berpengaruh positif secara parsial terhadap variabel terikat. Komitmen para pelaku PKH agar lebih ditingkatkan lagi, mulai dari peran pendamping dilapangan, para peserta KUBE PKH, dan dukungan dari para stakeholder. Dengan komitmen yang baik, maka kegiatan verifikasi komitmen peserta, tugas pendamping, dan segala kegiatan wajib dan kegiatan pendukung dalam pelaksanaan bussines process KUBE PKH dapat berjalan optimal sehingga menghasilkan output yang maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudhi, Imamimamwahyudhi.234@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keuangan > Dana Bantuan
Ekonomi Islam
Keluarga > Keluarga Islam
Uncontrolled Keywords: PKH; KUBE; Kesejahteraan Keluarga
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wahyudhi Imam
Date Deposited: 24 Jul 2019 07:47
Last Modified: 24 Jul 2019 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32741

Actions (login required)

View Item View Item