Nikah lintas agama dalam hadis: studi kasus pernikahan Zainab Binti Rasulullah SAW dengan Abu Al ‘As Ibn Al Rabi‘

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaenab, Siti (2019) Nikah lintas agama dalam hadis: studi kasus pernikahan Zainab Binti Rasulullah SAW dengan Abu Al ‘As Ibn Al Rabi‘. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Zaenab_E05215033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam sejarah perkembangannya pernikahan lintas agama masih menyisahkan perdebatan yang tidak kunjung usai, khususnya di Indonesia sendiri. Perdebatan ini dimotori oleh banyak kalangan baik yang berasal dari kalangan para akademisi maupun kalangan agamawan. Banyak dari mereka menggunakan sebuah dalil pendukung untuk melegitimasi setiap pendapat mengenai Nikah lintas agama, baik menggunakan Alquran maupun Hadis. Sedangkan dari kedua kalangan pun dalam memahami nash Alquran maupun Hadis berbeda-beda, ada yang memahami secara Literalis/Skripturalis dan ada pula yang memahaminya secara Substantif, disinilah letak dari munculnya berbagai penafsiran tersebut. Untuk menyelesaikan perdebatan tersebut penulis menggunakan sebuah obyek penelitian yang berasal dari pernikahan Zainab putri Rasulullah Saw dengan Abu al-As yang statusnya masih kufur dan Zainab sendiri telah masuk Islam, hal ini sesuai dengan hadis yang menjadi pokok penelitian penulis yaitu yg termaktub dalam Hadis Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 2240 dan juga Hadis Sunan al-Tirmidhi No Indeks 1142. Setelah dilakukan penelitian secara Sistematis, Komprehensif dan Masif dengan menggunakan metode Maudhui, dan penulis mengidentifikasi melalui analisis sanad maupun matan bahwa derajat kedua hadis tersebut adalah da‘if, dengan alasan bahwa hadis tersebut tidak memenuhi kriteria dari hadis sahih. Dan di dapatkan kesimpulan bahwa secara historis kondisi perempuan dimasa Nabi jumlahnya sangatlah sedikit, jauh berbeda dengan kondisi di zaman sekarang dimana perempuan muslim khususnya di Indonesia cukup banyak, dan dominasi laki-laki pada masa Nabi Saw sangat berpengaruh, pelarangan ini di pertegas oleh surah al-Mumtahanah ayat 10 dan surah al-Baqarah ayat 221.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaenab, Sitisitizaenab.fuf@gmail.comE05215033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, ZainulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Nikah > Meminang
Perkawinan
Keywords: Nikah Lintas Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Zaenab Siti
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:27
Last Modified: 25 Jul 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32740

Actions (login required)

View Item View Item