Menjaga spirit keagamaan melalui Pertanian Ramah Lingkungan di Dusun Duwet Desa Tokawi Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Ninik (2019) Menjaga spirit keagamaan melalui Pertanian Ramah Lingkungan di Dusun Duwet Desa Tokawi Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ninik Kurniawati_B52215036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas tentang menjaga spirit keagamaan. Penelitian yang dilakukan merupakan realitas yang terjadi di Dusun Duwet, Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Lunturnya spirit keagamaan ditandai dengan beberapa hal, yaitu menguatnya semangat materialisme dalam pertanian, pemahaman bahwa ibadah tidak terkait dengan masalah pertanian, do’a-do’a pertanian dalam bahasa Jawa yang disebut dengan sroti tani sudah tidak digunakan, dan penggunaan obat kimia secara berlebihan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi yang efektif dan upaya yang bisa dilakukan untuk membangkitkan kembali serta menjaga spirit keagamaan petani yang sudah luntur. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan dan metode penelitian berbasis partisipasi masyarakat yang dikenal dengan sebutan PAR (Participatory Action Research) yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat, dari awal hingga akhir penelitian. Terutama Kelompok Pemuda Tani “Mitra Tani” sebagai mitra dan Ibu-ibu PKK sebagai kelompok pendukung dalam penelitian ini. Dalam proses menjaga spirit keagamaan di Dusun Duwet, peneliti bersama kelompok pemuda tani “Mitra Tani” dan Ibu-ibu PKK Dusun Duwet mengadakan beberapa kegiatan terkait aspek spiritual dan material. Pertama kegiatan yang bersifat spiritual, yaitu menumbuhkan spirit agama melalui pengajian Ibu-ibu PKK di Balai Dusun Duwet yang dilaksanakan setiap hari selasa pon. Pengajian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada petani tentang pentingnya ibadah, menghadirkan Tuhan dalam setiap aktivitas, dan perlunya bersyukur agar mendapat keberkahan dalam setiap aktivitas pertanian. Kedua, kegiatan yang bersifat material, yaitu mengadakan pelatihan pertanian ramah lingkungan sebagai wujud bertani secara baik, dan memperlakukan alam dan makhluk hidup dengan bijak. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan peningkatan kesadaran petani akan pentingnya menjaga spirit keagamaan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang ilmu agama dan pertanian ramah lingkungan, beberapa dari mereka dapat mengimplementasikan pengetahuan yang sudah mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Ninikninikkurnia225@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Pertanian
Uncontrolled Keywords: Spirit keagamaan; pertanian ramah lingkungan; pertanian organik; pengorganisasian masyaraka
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Kurniawati Ninik
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:40
Last Modified: 24 Jul 2019 06:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32733

Actions (login required)

View Item View Item