Dampak pembiayaan Murabahah Mikro Express terhadap usaha mikro nasabah BPRS Mandiri Mitra Sukses

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arofiah, Nurul (2019) Dampak pembiayaan Murabahah Mikro Express terhadap usaha mikro nasabah BPRS Mandiri Mitra Sukses. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Arofiah_G74215094.pdf

Download (919kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Dampak Pembiayaan Murabahah Mikro Express Terhadap Usaha Mikro Nasabah BPRS Mandiri Mitra Sukses” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab tentang (1) Bagaimana pelaksanaan pembiayaan murabahah mikro express di BPR Syariah Mandiri Mitra Sukses dan (2) Bagaimana dampak pembiayaan murabahah mikro express terhadap usaha mikro nasabah BPR Syariah Mandiri Mitra Sukses. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pihak-pihak dari BPRS Mandiri Mitra Sukses Kantor Kas Menganti dan para pelaku usaha mikro di pasar tradisisonal menganti, serta dokumentasi mengenai data-data yang diperlukan yang dimiliki oleh BPRS Mandiri Mitra Sukses. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembiayaan murabahah mikro express merupakan pembiayaan dengan menggunakan akad jual beli, dengan ketentuan margin yang telah disepakti sebelumnya, dan jangka waktu pengembalian maksimal 3 bulan dan hanya dihitung 20 hari setiap satu bulannya, serta pembiayaan ini tidak menggunakan jaminan hanya saja untuk meminimalisir resiko pihak BPRS akan menahan tabungan yang bersangkutan sebesar 30%-50% dari plafon yang diajukan. Dengan syarat dan prosedur yang mudah pembiayaan murabahah mikro express ini sangat membantu pelaku usaha khususnya yang berada dipasar tradisional menganti dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Berdasarkan hasil penelitian, dengan adanya tambahan modal maka usaha akan menjadi lebih lancar. Hal ini ditunjukan bahwa dari segi kuantitas produk mengalami kenaikan sehingga pendapatan usaha mikro yang telah melakukan pembiayaan murabahah mikro express juga mengalami kenaikan dengan kenaikan persentase rata-rata 35%. Keberhasilan pedagang pasar dalam memanfaatkan dana pembiayaan sebaik-baiknya merupakan salah satu faktor yang dapat memberikan peningkatan hasil usaha yang lebih maksimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembiayaan murabahah mikro express yang dilakukan BPRS Mandiri Mitra Sukses telah berhasil memberikan dampak bagi usaha mikro yaitu meningkatnya produktivitas penjualan dan meningkatnya pendapatan usaha khususnya yang berada dipasar tradisional menganti. diharapkan kepada BPRS Mandiri Mitra Sukses maupun Lembaga keuangan syariah lainnya agar lebih memaksimalkan produk-produk yang dapat membantu masyarakat. Khususnya produk pembiayaan yang dapat membantu pelaku usaha mikro yang mengalami kekurangan modal untuk mengembangkan usahanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arofiah, Nurulnurularofiah16@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Murabahah
Keywords: Pembiayaan Murabahah; Usaha Mikro; Dampak Pembiayaan terhadap Usaha.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arofiah Nurul
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:25
Last Modified: 24 Jul 2019 06:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32727

Actions (login required)

View Item View Item