Analisis hukum Islam terhadap Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2016 Pasal 1 Ayat 14 tentang Pembangunan Keluarga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Alimatus (2019) Analisis hukum Islam terhadap Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2016 Pasal 1 Ayat 14 tentang Pembangunan Keluarga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alimatus Sa'diyah_C91215100.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 18 tahun 2016 Pasal 1 Ayat 14 Tentang Pembangunan Keluarga”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu: Bagaimana deskripsi pada pasal 1 ayat 14 Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pembangunan Keluarga dan bagaimana analisis hukum Islam pada pasal 1 ayat 14 Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pembangunan Keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, di mana data yang terkait berupa paparan sebuah kalimat bukan angket. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseacrh). Data yang diperoleh diuraikan menggunakan teknis deskriptif analisis sehingga dapat dianalisis semua aspek yang berkaitan dengan objek dari penelitian ini dengan menggunakan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik dari keluarga sejahtera yang merupakan unsur dari pembangunan keluarga jika dikelompokkan terbagi menjadi lima bidang yaitu, pertama bidang keagamaan yang meliputi bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan perkawinan yang sah yang menjelaskan dalam keluarga harus mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam sehingga pelaksanaan perkawinan harus sesuai dengan agama yang dianut. Kedua bidang kesehatan yang meliputi sehat dan memiliki jumlah anak yang ideal yang menjelaskan dalam keluarga harus melakukan hidup sehat dan melakukan upaya mewujudkan keluarga bahagia dengan melakukan pengaturan kehamilan. Ketiga bidang ekonomi yang meliputi mandiri yang menjelaskan setiap keluarga harus mampu mencukupi setiap kebutuhannya sehingga tidak bergantung dengan orang lain. Keempat bidang pendidikan yang meliputi berwawasan ke depan dan maju yang menjelaskan di dalam keluarga terbuka terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi agar memiliki perencanaan yang baik di masa depan. Kelima bidang psikologi yang meliputi harmonis, bertanggung jawab, bercirikan sejahtera menjelaskan keluarga haruslah mempunyai hubungan yang baik antar keluarga dan memiliki ketahanan keluarga yang tinggi agar tercapainya keluarga sejahtera. Berdasarkan dengan kesimpulan di atas, maka Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana agar memperhatikan masyarakat sekitar untuk selalu memberikan arahan tentang implementasi pembangunan keluarga agar terciptanya keluarga sejahtera di Kabupaten Kulon Progo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Alimatusalimatussakdiyah27@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorChudlori, M. Zayinzayinch@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keluarga > Keluarga Islam
Pembangunan
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Pembangunan Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Sa'diyah Alimatus
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:43
Last Modified: 25 Jul 2019 03:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32718

Actions (login required)

View Item View Item