Peran Lembaga Amil Zakat dalam mengentaskan kemiskinan melalui pengelolaan zakat produktif Lembaga Amil Zakat Asy-Syifa Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aftarina, Faizah (2019) Peran Lembaga Amil Zakat dalam mengentaskan kemiskinan melalui pengelolaan zakat produktif Lembaga Amil Zakat Asy-Syifa Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizah Aftarina_C07215003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan zakat dikatakan berhasil itu sangat bergantung pada pengelolaan dan pemanfaatannya. Hadirnya institusi zakat yang dikelola secara profesional, bersih dan amanat adalah solusi yang fundamental. Zakat akan menjadi sumber dana tetap yang potensial untuk kesejahteraan ummat dan fakir miskin serta untuk kemajuan agama dan syiarnya. Skripsi dengan judul “Peran Lembaga Amil Zakat dalam Mengentaskan Kemiskinan (Studi Kasus Pengelolaan Zakat Produktif Lembaga Amil Zakat Asy-Syifa Sampang)”ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang bertujuan ingin mengetahui bagaimana peran lembaga amil zakat dalam mengentaskan kemiskinan melalui pengelolaan zakat produktif di Lembaga Amil Zakat Asy-Syifa Sampang dan bagaimana kendala yang dihadapi pengelola zakat dalam melakukan tugas pengelolaan zakat di Lembaga Amil Zakat Asy-Syifa Sampang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dan analisis data ini menggunakan teknik deskriptif analisis merupakan teknik yang digunakan dengan cara mendeskripsikan atau memaparkan data yang sudah dikumpulkan kemudian di analisis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa kesimpulan bahwa : Lembaga Amil Zakat (LAZ) As-Syifa Sampang memanfaatkan dana melalui pengelolaan zakat produktif dengan menerapkan teori fungsi manajemen pengelolaan zakat meliputi : planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan) dan controlling (pengawasan)berkaitan dengan peran Lembaga Amil Zakat dalam mengentaskan kemiskinan melalui pengelolaan zakat produktif di Lembaga Amil Zakat Asy-Syifa Sampang. Namun dalam melakukan tugas pengelolaan zakat ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Lembaga Amil Zakat Asy-Syifa Sampangdiantaranya : kinerja pengurus kurang maksimal, pengurus lembaga belum mendapatkan honor/gaji yang layak, lembaga belum memiliki perkantoran khusus, belum adanya tenaga atau pengurus Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang spesifik dan definitif, kurangnya tenaga fundraising, pemahaman masyarakat mengenai zakat yang yang berdasarkan pada fiqih klasik, kurangnya kesadaran masyarakat atau muzakki untuk menunaikan zakatnya melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ). Maka dapat dikemukakan beberapa saran yaitu : Kepada Pemerintah, dengan ikut sertanya pemerintah dalam kebijakan zakat, diharapkan dapat mempermudah dan membantu tugas-tugas pengurus zakat untuk mengelola dana zakat yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) As-Syifa Sampang, agar dalam menjalankan tugasnya sebagai pengelola zakat harus lebih mensosialisasikan tentang fungsi lembaga agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aftarina, Faizahfaizahaftarina8@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Zakat
Amil Zakat
Uncontrolled Keywords: Lembaga Amil Zakat; Kemiskinan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Zakat dan Wakaf
Depositing User: Aftarina Faizah
Date Deposited: 24 Jul 2019 08:06
Last Modified: 24 Jul 2019 08:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32710

Actions (login required)

View Item View Item