Konflik antara Majapahit dengan Giri Kedaton menurut berita tradisi Babad Ing Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfudhoh, Aisah (2019) Konflik antara Majapahit dengan Giri Kedaton menurut berita tradisi Babad Ing Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisah Mahfudhoh_A92215066.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Konflik Antara Majapahit Dengan Menurut Berita Tradisi Babad ing Gresik. Memiliki tiga fokus penelitian, yaitu: Bagaimana Sejarah Majapahit Akhir Pasca Hayam Wuruk. Bagaimana Sejarah Giri Kedaton. Bagaimana Konflik antara Kerajaan Majapahit dengan Giri Kedaton. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang menggunakan pendekatan historis. Pendekatan tersebut digunakan peneliti bertujuan untuk menghasilkan bentuk dan proses dari peristiwa sejarah dan untuk menjelaskan sejarah Kerajaan Majapahit dan Giri Kedaton. Penelitian ini juga menggunakan teori konflik sebagai analisisnya yang didefinisikan oleh Ibn Khaldun yang terdiri dari tiga pilar yaitu: pertama, watak psikologis hubungan sosial di antara berbagai kelompok manusia. Kedua, fenomena politik yang berhubungan dengan perjuangan memperebutkan kekuasaan dan kedaulatan yang melahirkan imperium.Ketiga, fenomena ekonomi yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan.Adapun metode yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan sejarah ini adalah: Heuristik, Kritik, Interprestasi (Penafsiran) dan Historiografi. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran pasca pemerintahan Hayam Wuruk sebabnya adalah perebutan kekuasaan antar keluarga dan berkembangnya agama Islam. (2) Kerajaan Giri Kedaton merupakan sebuah pusat penyebaran agama Islam di daerah Utara pesisir Laut Jawa yang kemudian menjadi pusat pemerintahan pada masa Raden Paku. (3) Konflik antara Giri Kedaton dan Majapahit terjadi ketika Giri Kedaton berubah menjadi pusat pemerintahan, dimana Raja Majapahit merasa khawatir dan menjadikan Giri Kedaton sebagai musuh dikarenakan Giri Kedaton dianggap sebagai perebut kekuasaan Majaphit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfudhoh, Aisahmahfudhohaisah@yahoo.comA92215066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukarrom, Ahwanahwanmukarrom@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Giri Kedaton; Majapahit; Konflik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mahfudhoh Aisah
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:56
Last Modified: 31 Jul 2019 03:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32702

Actions (login required)

View Item View Item