Implementasi pengelolaan Aset Wakaf untuk kesejahteraan umat di Yayasan Sabilillah Kota Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidah, Rohmah (2019) Implementasi pengelolaan Aset Wakaf untuk kesejahteraan umat di Yayasan Sabilillah Kota Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmah Maulidah_C07215011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Pengelolaan Aset Wakaf Untuk Kesejahteraan Umat Di Yayasan Sabilillah Kota Malang” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi pengelolaan aset wakaf di Yayasan Sabilillah Kota Malang dan bagaimana analisis pengelolaan aset wakaf dalam meningkatkan kesejahteraan umat. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan wawancara secara langsung kepada informan, yakni pengurus Yayasan Sabilillah Kota Malang dan Donatur Wakaf Yayasan Sabilillah Kota Malang. Kedua dengan cara pengumpulan data berupa laporan perubahan dana pertahun, visi misis, struktur organisasi, dan dokumen rencana program kerja yang strategis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah implementasi pengelolaan aset wakaf di Yayasan Sabilillah mempunyai beberapa model, diantaranya adalah wakaf uang/tunai, wakaf tanah dan jariyah yang dikembangkan untuk wakaf. Implementasi pengelolaan wakaf uang/tunai di Yayasan Sabilillah terus meningkat di setiap tahunnya, mulai tahun 2004 sampai tahun 2018 Yayasan Sabilillah berhasil menghimpun dana wakaf sebesar Rp. 1.207.829.000. Dalam melakukan pengelolaan wakaf tanah Yayasan Sabilillah juga mampu memberikan hasil dari pengelolaan wakaf tanah yang berupa pendirian masjid sabilillah, pengembangan koperasi masjid sabilillah/ lembaga dana sosial, pembangunan lembaga pendidikan, pembangunan pujasera dan minimarket, pembangunan auditorium / gedung serbaguna, pembangunan poliklinik Sabilillah Medical Service (SMS), dan pembangunan pondok pesantren. Dari beberapa model pengelolaan aset wakaf di Yayasan Sabilillah tersebut maka Yayasan Sabilillah telah berhasil dalam melakukan pemanfaatan harta wakaf yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Yayasan Sabilillah dalam melakukan pengelolaan aset wakaf telah memberikan dampak bagi kesejahteraan umat. Salah satu dampak kesejahteraan umat yakni dengan meningkatnya pendapatan masyarakat yang dihasilkan dari wakaf uang/tunai melalui koperasi simpan pinjam di Yayasan Sabilillah Kota Malang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidah, Rohmahrohmahmaulidah21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Manajemen
Wakaf
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Aset Wakaf; kesejahteraan umat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Zakat dan Wakaf
Depositing User: Maulidah Rohmah
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:32
Last Modified: 24 Jul 2019 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32693

Actions (login required)

View Item View Item