Study kepercayaan masyarakat terhadap kekeramatan makam Syekh Al Wasil Syamsuddin di Setono Gedong Kota Kediri Tahun 1995-2008

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunita, Kharisma Alfi (2019) Study kepercayaan masyarakat terhadap kekeramatan makam Syekh Al Wasil Syamsuddin di Setono Gedong Kota Kediri Tahun 1995-2008. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kharisma Alfi Yunita_A92215040.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Studi Kepercayaan Masyarakat terhadap Kekeramatan Makam Syekh al-Wasil Syamsuddin di Setono Gedong Kota Kediri Tahun 1995-2008”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana keberadaan makam Syekh al-Wasil Syamsuddin di Kediri? 2) Bagaimana kegiatan ziarah di makam Syekh al-Wasil Syamsuddin? 3) Bagaimana harapan peziarah di makam Syekh al-Wasil Syamsuddin? Skripsi ini ditulis dengan menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut heuristik (pengumpulan data), verifikasi (mengkritik data), interpretasi (penafsiran data), dan historiografi (penulisan sejarah). Penulisan ini menggunakan pendekatan deskriptif-analisis. Deskriptif digunakan untuk menggambarkan fenomena apa adanya dan dinamikanya dapat ditangkap secara utuh, Dan menganalisis data-data yang ada sebagai bahan penulisan, sedangkan teori yang digunakan adalah antropologis yang mana dalam penelitian ini berusaha memotret apa adanya mengenai dimensi kepercayaan, keyakinan, ritual dan tradisi yang telah berlangsung. Sedangkan teori motivasi yang mendorong peziarah untuk mencari berkah di makam. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa makam Syekh al-Wasil Syamsuddin dikeramatkan oleh masyarakat karena masyarakat percaya akan adanya perubahan setelah berziarah. Para peziarah memliki kesamaan tujuan yaitu ngalap berkah di makam dan merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap Syekh al-Wasil Syamsuddin. Tradisi dan ritual yang dilakukan di makam Syekh al-Wasil Syamsuddin adalah Istighosah di setiap malam Jum’at yang berupa memanjatkan doa-doa selain itu juga adanya kegiatan rutin di bulan Mulud, Rajab dan Muharram. Bentuk pengharapan peziarah beragam, mulai dari mendoakan ahli kubur sampai berdoa secara khusus untuk diri sendiri seperti meminta kemudahan rezeki, jodoh, kecerdasan, dan mengingat kematian yang dapat menambah keimanan pada Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunita, Kharisma Alfikalfyta88@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kebudayaan
Islam > Kepercayaan, Aliran
Ziarah Kubur
Uncontrolled Keywords: Keramat; Syekh al WasilSyamsuddin; harapan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Yunita Kharisma Alfi
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:56
Last Modified: 23 Jul 2019 07:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32688

Actions (login required)

View Item View Item