Sejarah Penutup Kepala di Indonesia: studi kasus pergeseran makna tanda Peci Hitam (1908-1949)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najiyah, Siti Firqo (2019) Sejarah Penutup Kepala di Indonesia: studi kasus pergeseran makna tanda Peci Hitam (1908-1949). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Firqo Najiyah_A02215017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang : Sejarah Penutup Kepala di Indonesia : Studi Kasus Pergeseran Makna Tanda Peci Hitam (1908-1949)” yang meneliti beberapa permasalahan, diantaranya : (1) Bagaimana sejarah penutup kepala di beberapa wilayah Indonesia ? (2) Bagaimana sejarah peci di Indonesia hingga menjadi tanda muslim Indonesia ? (3) Bagaimana peci dalam sejarah Indonesia hingga menjadi tanda Identitas Nasional ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan beberapa metode sejarah yang melalui beberapa tahapan yakni Heuristik (pengumpulan data), Krtitik (mengkritisi data yang dibagi dua yakni kritik intern dan ekstern), Interpretasi (penafsiran data), dan Historiografi (penulisan sejarah). Penulisan ini menggunakan pendekatan Antropologi dan teori Semiotika menurut Charles Sanders Pierce yang secara rinci menguraikan bahwa tanda mampu mewakili sesuatu yang lain. Selain itu Pierce juga mendefiniskan tanda sebagai sesuatu hal yang tidak bisa terpisahkan dari objek referensinya serta pemahaman subjek terhadap tanda. Dari penelitian yang dilakukan, kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis adalah : (1) Penutup kepala berbagai daerah di Indonesia berbeda-beda. (2) Hadirnya peci di Indonesia terdapat banyak versi dari yang dibawa oleh pedagang hingga diperkenalkan oleh penjajah (Belanda) yang hadir di Indonesia. Dimana pada awalnya peci telah menjadi bagian dari muslim Indonesia, karena muslim adalah masyarakat mayoritas. (3) Tanpa disadari peci hitam selalu hadir mewarnai sejarah Indonesia dan dengan bangga serta semangat Presiden Pertama Indonesia (Soekarno) mengenalkan bahwa peci hitam adalah identitas Nasional dikuatkan pula dengan peraturan pemerintah yang dikeluarkan pada masa pemerintahan Soekarno.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najiyah, Siti Firqophirqo.firqo@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Islam
Uncontrolled Keywords: Penutup Kepala; Islam; Nasional
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Najiyah Siti Firqo
Date Deposited: 24 Jul 2019 03:45
Last Modified: 24 Jul 2019 03:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32680

Actions (login required)

View Item View Item