Pengajaran kitab Ta’lim Muta’allim dalam membentuk karakter nilai disiplin dan tanggung jawab siswa: study multisitus di SMP Al Islah dan SMP Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriyah, Hisbiyatul (2019) Pengajaran kitab Ta’lim Muta’allim dalam membentuk karakter nilai disiplin dan tanggung jawab siswa: study multisitus di SMP Al Islah dan SMP Khadijah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hisbiyatul Fikriyah_F12317294.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kitab Ta’lim al-Muta’allim merupakan literature klasik yang memberikan informasi tentang perilaku siswa dalam belajar yang mengutamakan akhlak untuk mencapai kemanfaatan ilmu. Selain membahas etika belajar, kitab ini juga membahas tujuan, prinsip-prinsip dan strategi belajar yang didasarkan pada moral religious. Melihat permasalahan siswa belakangan ini, peneliti tertarik untuk membahas karakter yang harus dimiliki siswa. Penelitian ini fokus pada implementasi pengajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim di SMP Al Islah dan SMP Khadijah Surabaya. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang pelaksanaan pengajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam penanaman karakter nilai disiplin dan tanggung jawab siswa yang akan direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari siswa dalam mentaati peraturan dan kegiatan di Sekolah. Tesis ini meneliti secara mendalam tentang pengajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini dipergunakan, karena penulis mencoba melihat, mengamati dan menelaah implementasi pengajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Ta’lim al-Muta’allim memberikan perhatian penuh terhadap nilai-nilai karakter yang harus dilakukan oleh siswa dalam mencari ilmu. dari bab yang menjelaskan tentang perilaku siswa.. Tujuan diajarkan kitab Ta’lim al-Muta’allim di SMP Al Islah dan SMP Khadijah adalah untuk membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa dalam mencari ilmu agar memperoleh hasil ilmu yang memiliki nilai guna untuk diri sendiri dan orang lain. Dengan perilaku disiplin dan tanggung jawab, maka siswa akan lebih mudah dalam memperoleh ilmu. Pada kedua Sekolah tersebut, pengajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dapat terlaksana dengan baik sehingga nilai-nilai karakter yang harus dimiliki siswa dapat tersampaikan dengan baik. Karakter tersebut dibuktikan dalam perilaku disiplin dan tanggung jawab dalam mentaati peraturan sekolah dan melaksanakan seluruh kegiatan Sekolah dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriyah, Hisbiyatulhisbiyah.fikriyah@gmail.comF12317294
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus SalamahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pengajaran
Keywords: Kitab Ta’lim al-Muta’allim; Karakter Nilai Disiplin dan Nilai Tanggung Jawab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fikriyah Hisbiyatul
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:49
Last Modified: 26 Jul 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32663

Actions (login required)

View Item View Item