Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup: Studi di SMAN 1 Cerme Gresik dan MAN 2 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmi, Fahimul (2019) Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup: Studi di SMAN 1 Cerme Gresik dan MAN 2 Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahimul Ilmi_F12317290.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup (Studi di SMAN 1 Cerme Gresik dan MAN 2 Gresik). Adapun rumusan masalah pada tesis ini adalah: 1) Bagaimana konsep implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di SMAN 1 Cerme dan MAN 2 Gresik; 2) Bagaimana implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di SMAN 1 Cerme dan MAN 2 Gresik; 3) Apa Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di SMAN 1 Cerme dan MAN 2 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Sementara itu, dilihat dari teknik penyajian data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di SMAN 1 Cerme dan MAN 2 Gresik menunjukkan hasil atau kesimpulan 1) konsep implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di SMAN 1 Cerme dan MAN 2 Gresik adalah kurikulum yang mencakup dua jenis kurikulum; a) kurikulum terintegrasi dan b) kurikulum tersembunyi dengan berpegang teguh pada prinsip penciptaan manusia, prinsip hubungan manusia dan alam, dan prinsip Kebutuhan. Sedangkan implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di SMAN 1 Cerme dan MAN 2 Gresik adalah menggunakan tiga pola kegiatan, yakni 1) kegiatan intrakurikuler 2) kegiatan ko-kurikuler dan 3) kegiatan ekstrakurikuler yakni, qiro’ah, seni band islami, banjari dan remaja masjid,. Selanjutnya faktor yang mendukur antara lain 1) faktor internal yang mencakup: partisipasi siswa, dan pendekatan pembelajaran, dan 2) faktor eksternal yang mencakup lingkungan sekolah adiwiyata. Sedangkan faktor penghambat adalah 1) faktor internal yang mencakup kurangnya kepedulian peserta didik, dan 2) faktor eksternal yang mencakup kurangnya kontrol diluar sekolah karena kurangnya partisipasi dari wali murid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmi, Fahimulfahimul.ilmi05@gmail.comF12317290
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHuriyah, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Lingkungan Hidup
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilmi Fahimul
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:26
Last Modified: 26 Jul 2019 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32612

Actions (login required)

View Item View Item