Fenomena Poligami pemuda di kampung Batuampar Desa Pangbatoh Kec. Proppo Kab. Pamekasan Madura: study antropologi sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muchlis, Ibrahim (2019) Fenomena Poligami pemuda di kampung Batuampar Desa Pangbatoh Kec. Proppo Kab. Pamekasan Madura: study antropologi sosial. Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Ibrohim Muchlis_F520915013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Poligami di kalangan pemuda menjadi sesuatu yang unik dan fenomena besar bagi bangsa ini, khususnya di madura. Persoalan poligami di Madura sendiri relatif wajar bagi warganya, tapi poligami yang dilakukan oleh pemuda desa Pangbatok menjadi sesuatu yang tidak lagi disebut wajar. Temuan fenomena tersebut berindikasi pada budaya atau lingkungan sosial di masyarakat setempat, sebab saat pertama kali peneliti memasuki lokasi, peneliti bersama istri pergi ke lokasi partisipan dan menjadi buly karena tidak melaksanakan poligami, seolah praktek poligami mejadi hal yang sangat wajar, bahkan pelaku termasuk seorang pemuda sekalipun. Oleh sebab itulah peneliti memberikan dua model penelitian kualitatif, yaitu Fenomenologi yang menekankan kepada fenomena poligami pemudanya, dan Etnografi yang menekankan pada budaya, atau kultur sosial yang menyebabkan pemuda berani mengambil keputusan untuk poligami. Peneliti fokus kepada motif dan implikasi sosial bagi pelaku dan korban poligami. Meskipun dalam wawancara motif poligami yang relatif sama, yaitu menyelamatkan janda, tapi temuan tersebut berbeda dengan implikasi sosial yang cenderung bertolak belaka. Peneliti tidak menemukan konsep adil dalam poligami, persiapan ekonomi dalam praktek poligami, sehingga prilaku poligami secara kultural menjadi potret kecil pemuda untuk melakukan poligami sejak muda karena faktor gengsi dari strata sosial di daerah Pangbatok. Strata sosial yang tidak dinilai dari kemampuan akademisi, ekonomi dan keturunan seorang kiai, melainkan diukur dari berapa banyak istri poligami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muchlis, Ibrahimaiem.ahmads@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Poligami
Pemuda Islam
Uncontrolled Keywords: Poligami; Pemuda
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Muchlis Ibrohim
Date Deposited: 22 Jul 2019 08:50
Last Modified: 22 Jul 2019 08:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32600

Actions (login required)

View Item View Item