Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan kapasitas produsen Kripik Gadung di Desa Banggle Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Nur Azizah Aulia (2019) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan kapasitas produsen Kripik Gadung di Desa Banggle Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Azizah Aulia Rahma_B52215037.pdf

Download (4MB)

Abstract

Desa Banggle Kabupaten Nganjuk memiliki aset alam berupa tanaman gadung. Tanamanan ini tumbuh dengan subur di hutan. Selain itu, masyarakat di Desa Banggle juga memiliki ketrampilan mengolah gadung menjdai kripik. Namun, kedua set tersebut belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat desa Banggle. Melalui riset aksi dengan menggunakan metode Aset Based Community Development (ABCD), mencoba untuk menguatkan kapasitas masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghubungkan antara aset dan harapan yang diinginkan. Subjek pendampingan adalah produsen kripik gadung di desa Banggle. Skripsi ini menggunakan metode pendekatan Aset Based Community Development (ABCD). Pendekatan ABCD ini mengutamakan aset pada masyarakat. Konsep pemberdayaan ini melihat gelas setengah terisi dan fokus pada isinya. Lokasi pada penelitian ini berada di desa Banggle. Data pada penelitian ini didapatkan dari observasi, FGD, dan wawancara. Penelitian ini memfokuskan pada aset alam yaitu gadung dan ketrampilan mengolahnya. Analisis keberhasilan program, pada penelitian ini menggunakan leaky bucket dan tabel perubahan. Bersadarkan data yang didapat, gadung merupakann aset alam yang berlimpah. Gadung tumbuh subur di hutan dan masyarakat memanfaatkannya untuk dijadikan kripik. Produk kripik gadung desa Banggle cukup dikenal tingkat kecamatan Lengkong. Kemampuan masyarakat mengolah dan melimpahnya gadung menjadi aset yang dimiliki masyarakat desa Banggle. Melalui kedua aset ini, masyarakat ingin mewujudkan harapannya. Dari pendampingan yang dilakukan, terdapat beberapa perubahan.Yakni, pengetahuan cara menentukan harga penjualan, inovasi pada kemasan dan perluasan jaringan pemasaran produk. Selain itu, produsen kripik gadung merasakan peningkatan laba setelah adanya pendampingan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Nur Azizah Aulianurazizahauliarahma@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Aset; Peningkatan Kapasitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nur Azizah Aulia Rahma
Date Deposited: 22 Jul 2019 02:49
Last Modified: 22 Jul 2019 03:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32593

Actions (login required)

View Item View Item