Study komparasi kompetensi guru antara yang berlatar belakang pendidikan formal dan non formal di MTs Al Ibrahimy Galis Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alimin, Alimin (2010) Study komparasi kompetensi guru antara yang berlatar belakang pendidikan formal dan non formal di MTs Al Ibrahimy Galis Bangkalan. Engd thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alimin_D01303219.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi guru merupakan perpaduan antara kemampuan personal, keilmuan, teknologi, sosial, dan spiritual yang secara kaffah membentuk kompetensi standar profesi guru, yang mencakup penguasaan materi, pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, pengembangan pribadi dan profesionalime. Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini: 1). Bagaimana kompetensi guru yang berlatar pendidikan formal di MTs Al-Ibrahimy Galis Bangkalan. 2). Bagaimana kompetensi guru yang berlatar pendidikan non formal di MTs Al­ Ibrahimy Galis Bangkalan. 3). Apakah ada komparasi kompetensi guru antara yang berlatar pendidikan formal dan non formal di MTs Al-Ibrahimi Galis-Bangkalan. Metode yang digunakan pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi guru yang berlatar pendidikan formal di MTs Al-Ibrohimy Galis Bangkalan dirasa sudah kompeten, hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator yang peneliti jadikan ukuran karakteristik guru yang dinilai kompeten yaitu mampu mengembangkan tanggung jawab dengan baik, mampu melaksanakan peran dan fungsinya dengan tepat, mampu bekerja untuk mev.'lljudkan tujuan pendidikan disekolah dan mampu melaksanakan peran dan fungsinya dalam pembelajaran dikelas. Kompetensi guru yang berlatar pendidikan non formal di MTs Al-Ibrohimy Galis Bangkalan dinilai sudah cukup kompeten, terbukti dengan beberapa kompetensi yang dimilikinya yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Namun dalam kompetensi paedegogis dirasa masih kurang karena rata-rata guru yang berlatar pendidikan non formal di MTs Al-lbrohimy Galis Bangkalan belum begitu paham sesuatu yang terkait dengan perangkat pembelajaran. Komparasi kompetensi antara guru yang berlatar pendidikan formal dan non formal di MTs Al-lbrohimy Galis Bangkalan adalah terletak pada kompetensi paedegogis yang dimilikinya yakni guru yang berlatar pendidikan formal lebih paham mengenai perangkat pembelajaran sedangkan guru yang berlatar pendidikan non formal kurang memahami tentang perangkat pembelajaran mulai dari pembuatan RPP, silabus clan sebagainya. Untuk itu bagi guru non formal perlu mengikuti beberapa pelatihan mengenai perangkat pembelajaran yang banyak di adakan dalam rangka meningkatkan kompetesi guru secara profesional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alimin, Alimin--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; pendidikan formal; non formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2019 09:00
Last Modified: 15 Jul 2019 09:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32581

Actions (login required)

View Item View Item