Efektifitas pendekatan Pumping Student terhadap peningkatan kompetensi Siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SLTPN 4 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamasari, Dwi (2009) Efektifitas pendekatan Pumping Student terhadap peningkatan kompetensi Siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SLTPN 4 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Purnamasari_D31205012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kala kompetensi telah lahir sejak pendidikan berkembang di lemabaga-lembaga pendidikan. Banyak sekali para teoriawan yang membahas tentang kompetensi dalam kapasitas guru maupun siswa. Sedangkan kompetensi itu sendiri dapat diartikan sebagai kemampuan dasar yang dapat dialakukan oleh pars siswa pada tahap pengetahuan, keterampilan dan sikap. Kemampuan dasar ini yang alum dijadikan landasan melakukan proses pembelajaran dan penilaian siswa. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui atau meningkatkan kompetensi diri dimana salah satunya dengan menggunakan sebuah pendekatan yang bisa memacu siswa untuk bisa membangkitkan motivasi dalam dirinya yang nantinya dapat berdampak pada kompetensi dirinya. Pendekatan tersebut adalah pendekatan Pumping student yang merupakan alat pendekatan bagi siswa dalam belajar melalui kemampuan memahami diri dan mengoptimalkan fungsi anugrah manusiawi (panca indra, otak dan hati) yang mendukung proses belajar yang dilakukan di sekolah maupun luar sekolah yang menjadi latar belakang penulisan skripsi ini adalah pendidikan yang merupakan sebuah proses, bersama proses itu arah tumbuh dan berkembang dalam belajar. Yaitu pertama, bagaimana pelaksanaan Pendekatan Pumping Student di SMPN 4 Sidoarjo, kedua bagaimana kompetensi diri siswa kelas VIII di SMPN 4 Sidoarjo, ketiga adakah korelasi antara pendekatan pumping student terhadap peningkatang kompetensi diri siswa kelas VIII bidang studi pendidikan agama islam di SMPN 4 Sidoarjo. Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan di SMPN 4 Sidoarjo khususnya kelas VIII. Jenis penelitiannya adalah kwantitatif dan analisis datanya dengan menggtmakan statistik. Metode yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara variabel X dan variabel Y dengan rumus Product moment (persons). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan dani ptialekatan pumping student terhadap peningkatan kompetensi siswa yaitu kuat atau tinggi. Hasil ini terbukti dari penghiumgan yaitu rxy 0,726. Apabila dibandingkan dengan r tabel dengan taraf signifikan 5 % dan 1 % maka rxy > r tabel (0,726) lebih besar dari). Jadi konsekuensinya hipotesis alternative (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamasari, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pumping Student
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 15 Jul 2019 08:47
Last Modified: 15 Jul 2019 08:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32579

Actions (login required)

View Item View Item