Kuliah Kerja Nyata Bersama Desa Model berkelanjutan (KKN BDMB) dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) terhadap Kompetensi Sosial Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujahidin, M. (2010) Kuliah Kerja Nyata Bersama Desa Model berkelanjutan (KKN BDMB) dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) terhadap Kompetensi Sosial Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Mujahidin_D01206088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kuliah Kerja Nyata Bersama Desa Model berkelanjutan (KKN BDMB) yaitu kegiatan intrakurikuler wajib sesuai dengan Tridharma Peguruan Tinggi sebagai pembelajaran bagi mahasiswa dalam penerapan sains dan teknologi secara multidisipliner untuk pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal yang dikelola bersama antara IAIN Sunan Ampel Surabaya, Unervisitas Brawijaya, UPN "Veteran" Jatim dan Pemerintah, dalam rangka program pembinaan Desa tertinggal berkelanjutan di wilayah Kecamatan tertinggal di beberapa Kabupaten di Wilayah Propinsi Jawa Timur. Sedangkan yang dimaksud dengan pendekatan "Partisipatoty Action Research" (PAR) yaitu suatu model pendekatan penelitian dalam pemberdayaan masyarakat yang melibatkan masyarakat secara partisipatif dalam seluruh proses penelitian dan pemberdayaan mulai dari observasi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian dalam Skripsi ini dilakukan untuk mengkaji Kuliah Kerja Nyata Bersama Desa Model berkelanjutan (KKN BDMB) dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) Terhadap Kompetensi Sosial mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Bersama Desa Model berkelanjutan (KKN BDMB) dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR), bagaimana Kompetensi Sosial mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya, dan adakah pengaruh Kuliah Kerja Nyata Bersama Desa Model berkelanjutan (KKN BDMB) dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR), bagaimana Kompetensi Sosial mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus statistik, yaitu: rumus prosesntase dan rumus product moment. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Bersama Desa Model berkelanjutan (KKN BDMB) dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR), dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong cukup baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 56%-76%. Dan peningkatan Kompetensi Sosial mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah cukup balk, hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan prosentase pada peritem pertanyann nilai yang diperoleh berada antara 56%-75% dengan kreteria tergolong cukup baik. Sedangkan pengaruh Kuliah Kerja Nyata Bersama Desa Model berkelanjutan (KKN BDMB) dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) terhadap Kompetensi Sosial mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah mempunyai implikasi (dampak/pengaruh) yang positif terhadap peningkatan Kompetensi Sosial mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya dalam katagori tinggi atau kuat. Hal ini, berdasarkan dari hasil penghitungan product moment, hasil yang di peroleh adalah 0,74 dan pada tabel interpretasi barada pada nilai r = 0,70 — 0,90 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujahidin, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pembangunan > Pembangunan Desa
Uncontrolled Keywords: Kuliah Kerja Nyata Bersama Desa Model berkelanjutan; KKN BDMB; Participatory Action Research; PAR
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 15 Jul 2019 08:28
Last Modified: 15 Jul 2019 08:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32577

Actions (login required)

View Item View Item