Algoritma Pemrograman Gerhana Bulan Metode al-Durr al-Anīq Menggunakan Software Visual Basic 6.0

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Yusrifal Fais (2019) Algoritma Pemrograman Gerhana Bulan Metode al-Durr al-Anīq Menggunakan Software Visual Basic 6.0. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusrifal Fais Abdillah_C08215021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab pertanyaan yang tertuang dalam rumusan masalah, meliputi: bagaimana algoritma pemrograman gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq menggunakan software Visual Basic 6.0 ?, serta bagaimana uji evaluasi dan uji verifikasi program gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq menggunakan software Visual Basic 6.0 ?. Penulisan dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Data primer yang Penulis gunakan adalah kitab yang berjudul al-Durr al-Anīq karangan Ahmad Ghozali bin Muhammad Fathullah dan Software Visual Basic 6.0. Sedangkan data sekunder yang Penulis gunakan adalah buku-buku ilmu falak yang membahas tentang perhitungan gerhana Bulan dan Microsoft Visual Basic 6.0. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah menggunakan metode dokumentasi (documentation). Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan beberapa informasi pengetahuan, fakta dan data. Dari beberapa proses pengumpulan data tersebut analisis penelitian dan pembuatan program ini terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu: 1) tahap pengumpulan data berupa konsep perhitungan gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq dan konsep pemrograman Visual Basic 6.0, 2) Tahap pemrograman gerhana Bulan, 3) Tahap uji evaluasi dan uji verifikasi program gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa Algoritma pemrograman gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq menggunakan Software Visual Basic 6.0 secara garis besar dilakukan dengan beberapa tahapan berikut: 1) Mengumpulkan data, 2) Analisis kebutuhan program gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq, 3) Perancangan program gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq, 4) Implementasi program gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq, 5) Pengujian program gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq, 6) Meng-compile dan build program gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq. Dan Program gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq bisa dioperasikan pada komputer dengan spesifikasi tertentu, yaitu: komputer tersebut menggunakan sistem operasi Windows dan harus sudah ter-install Net Framework pada komputer tersebut. Sedangkan Hasil uji verifikasi program gerhana Bulan metode al-Durr al-Anīq dengan beberapa metode lain menghasilkan beberapa kesimpulan bahwa program gerhana Bulan ini adalah program yang akurat karena sudah menggunakan rumus yang akurat dan beberapa koreksi terkait dengan perhitungan gerhana Bulan. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju, akan menantang ilmu falak untuk tetap eksis di masa depan. Maka diharapkan program ini dapat di upgrade mengikuti versi selanjutnya, baik kepada pembaca maupun kepada peneliti selanjutnya, sehingga dapat berjalan pada sistem operasi lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Yusrifal Faisfaizyusrifal4@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hisab dan Rukyah
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Falak
Keywords: Visual Basic 6.0; gerhana bulan; al-durr al-aniq.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Abdillah Yusrifal Fais
Date Deposited: 15 Jul 2019 02:28
Last Modified: 15 Jul 2019 02:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32569

Actions (login required)

View Item View Item