Efektifitas penerapan metode Demontrasi dalam keberhasilan pembelajaran Fiqh di SMP Khamas Kertosari Asembagus Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dlafir, Dlafir (2009) Efektifitas penerapan metode Demontrasi dalam keberhasilan pembelajaran Fiqh di SMP Khamas Kertosari Asembagus Situbondo. Engd thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dlafir_D51206205.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kualitas pengajaran di kelas adalah penentuan metode. Hal ini merupakan unsur yang perlu diperhatikan oleh pendidik karena erat kaitannya dengan terciptanya suasana belajar mengajar yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, penulis tertarik unruk mengambil judul Efektifitas Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Keberhasilan Pembelajaran Fiqh. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sedangkan sample dalam penelitian ini diambil sebanyak 100 siswa. Pengambilan sampelnya yaitu dengan cara random, metode datanya menggunakan metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan tehnik diskriptif presentasi. Selanjutnya untuk mengetahui besar kecilnya efektifitas penerapan metode demonstrasi dalam keberhasilan pembelajaran fiqh digunakan rumus koefisiensi kontigensi. Berdasarkan analisa data, diperoleh kesimpulan bahwa ada efektifitas penerapan metode demonstrasi dalam keberhasilan pembelajaran fiqh yang efektifitasnya cukup. Dengan hasil penelitian ini disarankan agar metode yang sudah dilaksanakan dikembangkan lagi sehingga SMP Khamas akan berkembang lebih pesat lagi dimasa­masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dlafir, Dlafir--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi; Keberhasilan Pembelajaran; Pembelajaran Fiqh
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:23
Last Modified: 12 Jul 2019 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32558

Actions (login required)

View Item View Item