Korelasi kompetensi guru dengan motivasi belajar Ilmu Nahwu siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafiiyah Puteri Sukorejo Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jumiyatun, Jumiyatun (2009) Korelasi kompetensi guru dengan motivasi belajar Ilmu Nahwu siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafiiyah Puteri Sukorejo Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jumiyatun_D51206217.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kompetensi merupakan kemampuan kesiapan intelektual dan keahlian yang dimiliki seseorang berkenaan dengan tugas, jabatan maupun profesinya. Guru mengemban amanat khusus untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan siswa, serta harus memiliki berbagai kompetensi yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Berbagai kompetensi yang dimiliki oleh guru yang sesuai dengan bidangnya akan mendukung keberhasilan belajar siswa. Motivasi merupakan dorongan, alasan, kehendak atau kemauan suatu daya penggerak dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan tindakan tertentu dalam memberikan arah untuk mencapai tujuan, baik dorongan atau rangsangan dari dalam ataupun dari luar diri seseorang. sedangkan pokok masalah dalam skripsi ini adalah kompetensi guru yang meliputi pedagogik, personal, profesional, dan sosial. Sedangkan pokok bahasan yang lain adalah: motivasi belajar baik yang datangnya dalam diri siswa (intrinsik) maupun motivasi yang datangnya dari luar diri siswa (ekstrinsik). Hubungan variabel ini merupakan bahan penelitian yang realisasinya kedua hal tersebut mempunyai korelasi positif bagi guru dan siswa kelas V MI Salafiyah Syafi'iyah Puteri Sukorejo Situbondo. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui kompetensi guru ilmu Nahwu, motivasi belajar ilmu nahwu dan korelasi kompetensi guru dengan motivasi belajar ilmu nahwu siswa di MI Salafiyah Syafi'iyah Puteri Sukorejo. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, maka dilakukan berbagai macam dan bentuk metode yaitu metode yang digunakan perpaduan antara kualitatif dan kuantatif melalui observasi, interview, angket dan dokurnnter serta penentuan populasi dan sampel. Adapun untuk menganalisa data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis statistik dengan rumus Yule's Q.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jumiyatun, Jumiyatun--UNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; motivasi belajar; Ilmu Nahwu; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2019 07:53
Last Modified: 12 Jul 2019 07:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32551

Actions (login required)

View Item View Item