Pengaruh pembelajaran Integrated Curriculum Model Nested terhadap prestasi siswa kelas X pada bidang Studi Fiqih dan Al-Quran Hadits di MA Raudlatul Muta'alimin Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shobihah, Hidayatus (2010) Pengaruh pembelajaran Integrated Curriculum Model Nested terhadap prestasi siswa kelas X pada bidang Studi Fiqih dan Al-Quran Hadits di MA Raudlatul Muta'alimin Babat Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatus Shobihah_D31206008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumberdaya manusia. Pendidikan dalam prakteknya berkaitan erat dengan belajar yaitu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti, berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan itu sangat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa. Guru mempunyai peranan penting untuk menentukan keberhasilan pendidikan, karena guru harus bisa membangkitkan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana aktifitas siswa selama penggunaan pembelajaran Integrated Curriculum Model Nested dan bagaimanakah prestasi siswa pada bidang studi Fiqih dan Al-qur'an Hadits selama menggunakan pembelajaran Integrated Curriculum Model Nested. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian exsperimen dan menggunakan pendekatan pre exsperimental design atau quasi exsperimen (Exsperimental Semu). Sesuai dengan masalah tersebut, data yang digunakan berupa hasil observasi, dokumentasi, dan tes. Analisa ini bertujuan untuk menganalisis data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penelitian tes. Dalam analisis ini, data yang dianalisis oleh peneliti adalah data tes hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran Integrated Curriculum Model Nested dianalisis dengan menggunakan perhitungan parametic, yaitu dengan menggunakan uji hipotesis data berpasangan, (paired test). Uji ini digunakan untuk mengetahui pengaruh dengan langkah-langkah sebagai berikut: uji normalitas, sample paired t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran Integrated Curriculum Model Nested. Analisis data tentang kemampuan guru dalam pengelolaan pendekatan pembelajaran ini adalah sebesar 3,72 % yang berarti "sangat baik", sedangkan untuk aktivitas siswa selama penggunaan metode ini adalah sebesar 78,2% yang berarti juga "sangat baik", dan untuk prestasi belajar siswa selama penggunaan pembelajaran Integrated Curriculum Model Nested ini mengalami peningkatan dan pre test dengan nilai rata-rata 63,33% menjadi 87,52% yang diambil dan nilai rata-rata pre test dan post test. Dari perhitungan uji normalitas dan sample paired t-test didapat hasil bahwa t hitung t tabel atau 14,5356 >2, 04 yaitu tolak Ho dan terima H1, yang berarti terdapat pengaruh pelaksanaan pembelajaran Integrated Curriculum Model Nested terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang studi fiqih dan Al-qur'an Hadits di MA Raudlatul Muta'alimin Babat Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shobihah, HidayatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Integrated Curriculum model Nested
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:13
Last Modified: 12 Jul 2019 04:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32537

Actions (login required)

View Item View Item