Korelasi metode Rote Learning terhadap kemampuan siswa dalam menghafal materi Al-Qur'an Hadits di SMP Kartini Kedungturi Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astutik, Siti Rokhah Puji (2010) Korelasi metode Rote Learning terhadap kemampuan siswa dalam menghafal materi Al-Qur'an Hadits di SMP Kartini Kedungturi Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rokhah Puji Astutik_D21206258.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Kartini Kedungturi merupakan salah satu lembaga sekolah yang mengutamakan ilmu-ilmu agama islam, salah satunya adalah mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Adapun tujuan dan fungsi dari mata pelajaran Al Qur'an Hadits adalah agar siswa dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan isi pokok Al-Qur'an, fungsi dan bukti-bukti kemurniannya, juga istilah-istilah hadits, fungsi hadits terhadap Al-Qur'an, pembagian hadits ditinjau dari segi kuantitas dan kualitasnya. Dengan demikian dalam penyampaian materi Al-Qur'an Hadits, guru dituntut untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran yang tepat agar siswa dapat berperan aktif untuk dapat menghafal dan selama mengikuti proses pembelajaran Al-Qur'an Hadits. Dari latar belakang di alas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dalam penulisan skripsi dengan judul "Korelasi Metode Rote Learning Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menghafal Materi Al-Qur'an Hadits di SMP Kartini Kedungturi Taman Sidoarjo."Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan metode Rote Learning di SMP Kartini Kedungturi Taman Sidoarjo (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam menghafal materi Al-Qur'an Hadits di SMP Kartini Kedungturi Taman Sidoarjo (3) Adakah korelasi metode Rote Learning terhadap kemampuan siswa dalam menghafal materi A1-Qufan Hadits di SMP Kartini Kedungturi Taman Sidoarjo. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif Dari metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, metode angket yang berupa tes, dan metode dokumentasi. Kemudian teknik analisa datanya menggunakan analisa data statistik dengan menggunakan rumus Product Moment, tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa erat dan kuat hubungan antra variabel X dan variabel Y. Selanjutnya dan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dari penerapan/pelaksanaan metode Rote Learning terhadap kemampuan siswa dalam menghafal materi Al-Qur'an Hadits, derwrn r xy = 0,67, sedangkan taraf sipifikan pada tabel product moment adalah 1 % = 0,413 dan 5 % -0,320, sehingga diperoleh ro > rt. Jadi, hipotesa kerja (Ha) diterima, sedangkan hipotesa nol (Ho) ditolak. Akhirnya, dalam penulisan skripsi ini, penulis juga memberikan saran kepada guru Al-Qur'an Hadits agar mempersiapkan bahan-bahan materi yang akan diajarkan secara maksimal, begitu juga dengan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Kartini Kedungturi Taman Sidoarjo diharapkan agar banyak membaca buku Al-Qur'an Hadits dan buku-buku lain yang relevan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astutik, Siti Rokhah PujiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Metode Rote Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:48
Last Modified: 12 Jul 2019 02:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32535

Actions (login required)

View Item View Item