Jual Beli Beras Zakat Fitrah Antara Amil dan Muzakki berikutnya; analisis hukum islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alimah, Nur (2011) Jual Beli Beras Zakat Fitrah Antara Amil dan Muzakki berikutnya; analisis hukum islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
C03304077 Nur Alimah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari studi pustaka untuk menjawab pertanyaan: bagaimana gambaran jual-beli beras zakat fitrah antara amil dengan muzakki?, dan bagaimana analisis hukum jual-beli beras zakat fitrah antara amil dan muzakki?Data penelitian ini dihimpun melalui teknik studi pustaka penggalian data yang dilakukan melalui pembacaan dan kajian teks (text reading) terhadap kitab-kitab atau buku-buku yang berkaitan dengan hukum Islam tentang zakat. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analitis-deduktif.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa menjual beras zakat fitrah yang dilakukan oleh amil hanya semata-mata ingin membantu muzakki yang kesulitan ataupun keberatan untuk membawa beras ke masjid, sehingga amil menyediakan beras untuk dijual kepada muzakki tersebut. Dan menurut syariat hukum jual beli zakat fitrah oleh amil kepada muzakki adalah apabila muzakki telah menyediakan beras sendiri maka akad jual beli itu sah karena milik sendiri. Namun menjual beras yang sudah diamanatkan oleh muzakki dan sebenarnya sudah menjadi milik mustahiq zakat menjualnya kepada muzakki lain hukumnya tidak boleh, karena salah satu dari rukun jual beli tersebut tidak terpenuhi, yaitu menjual barang yang bukan miliknya sendiri.Sejalan dengan kesimpulan diatas kebolehan menjual beras zakat fitrah yang dilakukan oleh amil bertujuan meringankan muzakki yang hendak mengeluarkan zakatnya dan penjualan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masjid atau inventaris masjid. Agar masjid dan masyarakat sekitarnya makmur dan sesuai dengan perkembangan zaman sekarang ini, namun itu semua jika dilakukan dengan akad yang benar oleh syariat. Bagi amil yang tidak mampu menyediakan beras untuk dijual, sebaiknya menggunakan pandangan ulama dengan kebolehan membayar zakat fitrah berupa dengan uang kertas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alimah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Zakat
Amil Zakat
Uncontrolled Keywords: Jual beli; beras Zakat; Amil; Muzakki
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:47
Last Modified: 11 Jul 2019 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32532

Actions (login required)

View Item View Item