Pengaruh peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam terhadap mutu pendidikan di MI Al Ulya Desa Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufiqurrohman, M. (2010) Pengaruh peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam terhadap mutu pendidikan di MI Al Ulya Desa Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Taufiqurrohman_D01304195.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan yang bermutu dalam arti menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan masyaraka4 baik dalam kualitas pribadi, moral, pengetahuan maupun kompetensi kerja menjadi syarat mutlak dalam kehidupan masyarakat global yang terns berkembang saat ini dan yang akan datang. Dalam merealisasikan pendidikan yang bermutu, dituntut penerapan program mutu yang fokus pada upaya-upaya penyempurnaan mutu seluruh komponen dan kegiatan pendidikan. Dengan adanya era otonomi daerah, salah satu kebijakan strategis yang diambil Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah dalam meningkatkan mutu pendidikan untuk mengembangkan SDM adalah: manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (school based management) dimana sekolah diberikan kewenangan untuk merencanakan sendiri upaya peningkatan mutu secara keseluruhan. Manajemen Mutu Terpadu yang diterjemahkan dari Total Quality Management (TQM) atau disebut Pengelolaan Mutu Terpadu (PMT) adalah suatu pendekatan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu komponen terkait. Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang mana metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan data yang diperoleh melalui metode tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Secara detail, penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui bagaimana peningkatan kinerja guru PAI di MI Al-Ulya Kelutan? Mengetahui bagaimana konsep kendali mutu di MI Al-Ulya Kelutan? Mengetahui bagaimana Pengaruh Peningkatan Kinerja Guru PAI Terhadap Mutu Pendidikan di MI Al-Ulya Kelutan? MI Al-Ulya Kelutan adalah salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan fokus pada mutu, baik output maupun elemen­ elemen yang mendukung proses pendidikan. Manajemen mutu di lembaga ini adalah dengan memperbaiki, mengelola, dan mengontrol segla yang ada baik siswa, guru dan pendukung kegiatan pembelajaran yaitu kurikulum, dan sarana prasarana sesuai dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran. Salah satu yang menjadi fokus adalah guru PAI. Kinerja guru PAI di lembaga ini sangat baik. Semua itu karena adanya rasa tanggung jawab dan komitmen yang tinggi dari mereka. Selain itu kepala sekolah sebagai seorang manajer melakukan supervisi dan motivasi dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufiqurrohman, M.--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Peningkatan kinerja; kinerja guru; Pendidikan Agama Islam; mutu pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:34
Last Modified: 11 Jul 2019 07:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32530

Actions (login required)

View Item View Item