Studi Analisis Hukum Islam terhadap Akad Sewa oleh PT. Sinar Mas Uber Alles di Desa Terbis Kec. Panggu Kab. Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kambali, Saiful (2010) Studi Analisis Hukum Islam terhadap Akad Sewa oleh PT. Sinar Mas Uber Alles di Desa Terbis Kec. Panggu Kab. Trenggalek. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
C03304008 Saiful Kambali.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan berjudul “ Analisis Hukum Islam Terhadap Akad Sewa Lahan Tambang Oleh PT.Sinar Mas Uber Alles di Desa Terbis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek, dengan tujuan untuk mengetahui seputar proses akad sewa lahan tambang yang dilakukan oleh PT.Sinar Mas Uber Alles. Secara rinci pertanyaan dijawab dalam skripsi ini adalah: Bagaimana transaksi antara PT.Sinar Mas Uber Alles dengan Pemilik lahan tambang di Desa Terbis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek dengan eksploitasi batu merupakan akan ijarah ? Bagaimana akad antara PT.Sinar Mas Uber Alles dengan Pemilik lahan tambang dengan eksploitasi batu di Desa Terbis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek menurut Hukum Islam? Dalam penelitian ini, data dihimpun melalui dua teknik, yakni wawancara dan telaah pustaka yang berhubungan dengan Akad Sewa (ijarah). Wawancara dilakukan dengan Site Manager dan staff PT.Sinar Mas Uber Alles serta Tokoh Masyarakat desa setempat. Sedangkan telaah pustaka dengan data tentang ijarah. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif-analitis, yaitu mendeskripsikan data mengenai akad sewa lahan tambang yang dilakukan oleh PT.Sinar Mas Uber Alles sehingga tergambar obyek masalah secara jelas dan rinci, kemudian dianalisis dengan pola pikir Induktif yaitu penyimpulan yang bertitik tolak dari pembahasan tentang akad sewa lahan tambang yang dilakukan oleh PT.Sinar Mas Uber Alles untuk ditarik kesimpulan dalam kaitannya dengan hukum Islam. Akad sewa lahan tambang yang dilakukan oleh PT.Sinar Mas Uber Alles merupakan perjanjian sewa (ijarah) dengan pemilik lahan tambang yang berada di Desa Terbis Kecamantan Panggul Kabupaten Trenggalek. Dimana pihak PT.Sinar Mas Uber Alles akan melakukan penggalian batu pada lahan tambang tersebut dengan menggunakan akad sewa. Pihak pertama yaitu PT.Sinar Mas Uber Alles menyewa lahan tambang kepada pihak kedua yaitu pemilik lahan tambang, dengan imbalan uang sesuai dengan dengan kesepakatan kemudian pihak pertama mempuyai hak sewa dengan mengambil batu yang ada didalam lahan sewa itu. Dari sini dapat diketahui sewa yang dijalankan oleh kedua belah pihak tersebut bukan mengambil manfaat dari lahan tambang akan tetapi mengambil alihan kepemilikan batu yang ada didalam lahan tambang tersebut. Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa akad sewa yang dijalankan oleh PT.Sinar Mas Uber Alles di Desa Terbis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek dengan pengambilalihan kepemilikan batu yang ada didalam lahan tambang tidak sesuai dengan konsep ijarah dalam Hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kambali, SaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sewa
Uncontrolled Keywords: Sewa; Akad Sewa; PT. Sinar Mas Uber Alles
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:32
Last Modified: 11 Jul 2019 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32529

Actions (login required)

View Item View Item