Tinjauan Hukum Islam terhadap Pemikiran Upah Penjemur Padi; studi kasus UD Sumber Makmur Desa Randusongo Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunita, Wiwin Norma (2011) Tinjauan Hukum Islam terhadap Pemikiran Upah Penjemur Padi; studi kasus UD Sumber Makmur Desa Randusongo Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiwin Norma Yunita_C02207168.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemberian Upah Penjemur Padi (Studi Kasus UD Sumber Makmur Desa Randusongo Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi)”, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan : Bagaimana ketentuan Pemberian upah penjemur padi dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap pemeberian upah penjemur padi di UD Sumber Makmur Desa Randusongo Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi.Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode deskripif analisis yakni menggambarkan praktek pemberian upah penjemur padi di UD Sumber Makmur Desa Randusongo Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu memaparkan praktek pemberian upah penjemur padi di UD Sumber Makmur kemudian dianalisis menurut hukum Islam. Hasil penelitian mengemukakan pertama; ketentuan pemberian upah penjemur padi di UD Sumber Makmur diberikan berdasarkan dengan keadaan cuaca. Kedua; Para penjemur padi diberikan kompensasi hak tambahan dibandingkan dengan pekerja lain yakni penjemur padi berhak mendapatkan upah dari hasil penjualan bekatul yang hasilnya telah dibagi dua dengan majikan. Dengan demikian hasil penelitian menyimpulkan bahwa hukum Islam menyikapi pemberian upah penjemur padi yang didasarkan pada keadaan cuaca dibolehkan, karena para penjemur padi masih diberikan hak untuk menerima upah dari hasil penjualan bekatul dan selama itu tidak bermaksud untuk merugikan kedua belah pihak baik itu penjemur padi ataupun pemilik UD Sumber Mamur. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka karena keterbatasan penulis dalam hal waktu, kurangnya ilmu pengetahuan yang ada pada diri penulis dan untuk menambah informasi, maka perlu diadakan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang belum terungkap dalam skripsi ini. Diharapkan pada pemilik UD Sumber Makmur yang beragama Islam lebih meningkatkan pengetahuan tentang konsep ketentuan pemberian upah menurut hukum Islam, sehingga praktek pemberian upah yang dilakukan menjadi lebih sempurna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunita, Wiwin NormaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tenaga Kerja
Upah Minimum
Uncontrolled Keywords: Upah Buruh; Penjemur Padi; UD Sumber Makmur
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:25
Last Modified: 11 Jul 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32528

Actions (login required)

View Item View Item