Dampak Ujian Nasional terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Bilingual Al Amanah Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhyiddin, Achmad Unais (2010) Dampak Ujian Nasional terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Bilingual Al Amanah Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Unais Muhyiddin_D31206069.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan: apakah ada dampak Ujian Nasional terhadap minat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? Dan Bagaimana cara mengatasi dampak Ujian Nasional terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Bilingual Al-Amanah Krian Sidoarjo? Data penelitian dihimpun melalui data kulitatif dan lapangan, yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya kegiatan tambahan dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Nasional memberikan pengaruh negatif bagi keseimbangan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dirasakan oleh sebagian kecil siswa di Madrasah Aliyah Bilingual Al-Amanah Krian Sidoarjo. Pengaruh negatif ini disebabkan adanya sebagian siswa yang ingin fokus pada Ujian Nasional, sehingga lebih mengutamakan mata pelajaran yang diuji nasionalkan. Semua itu dilakukan demi pencapaian kelulusan. Akan tetapi, Madrasah Aliyah Bilingual telah mempersiapkan program guna dapat mengantisipasi dampak tersebut. Program-program tersebut antara lain, memberikan tambahan jam pelajaran pada sebagian mata pelajaran yang diujinasionalkan. Hal ini dilakukan agar siswa telah siapjauh sebelum menghadapi Ujian Nasional. Selain itu, juga diadakan aktifitas sholat secara berjamaah dan pembiasan bak dalam bersikap. Dengan kata lain, persiapan ini dilakukan agar siswa tidak kaget dalam menghadapi Ujian Nasional. Selain cara-cara tersebut, Madrasah Aliyah Bilingual juga menggunakan cara yang lain antara lain penambahan atau pengayaan materi bagi siswa kelas XII, adanya waktu intensif, adanya praktikum fiqh dalam kehidupan sehari-hari. Seperti barjama'ah dan lain sebagainya, selain itu guru juga memberi inovasi dalam pembelajarannya. Dengan kata lain, persiapan Ujian Nasional harus diimbangi dengan pendekatan yang menarik perhatian siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka usaha-usaha persiapan menghadapi Ujian Nasional merupakan usaha Madrasah Aliyah dalam mengantisipasi dampak negatif Ujian Nasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhyiddin, Achmad Unais--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Dampak Ujian Nasional; minat belajar siswa; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2019 06:17
Last Modified: 11 Jul 2019 06:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32522

Actions (login required)

View Item View Item