Tinjauan hukum Islam terhadap transaksi pembelian Reksa Dana Terproteksi Di PT. Danareksa Investment Management Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Luthfiyatul (2010) Tinjauan hukum Islam terhadap transaksi pembelian Reksa Dana Terproteksi Di PT. Danareksa Investment Management Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luthfiyatul Laili_C03304138.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32520

Abstract

Skripsi dengan judul Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Pembelian Reksa Dana Terproteksi Di PT. Danareksa Investment Management Surabaya adalah hasil penelitian lapangan unt uk menjawab pertanyaan: Bagaimana transaksi pembelian Reksa Dana terproteksi dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap transaksi pembelian Reksa Dana terproteksi di PT. Danareksa Investment Management Surabaya. Data penelitian ini penulis dapat dari hasil wawancara, buku literatur, dan dokumen, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Yaitu menggambarkan dan menyajikan secara sistematik dan aktual fakta­fakta dilapangan sehingga lebih mudah untuk difahami dan disimpulkan. Reksa Dana terproteksi adalah jenis Reksa Dana dengan skema atau struktur khusus yang memiliki karakteristik untuk memberikan perlindungan terhadap sejumlah tertentu dana pemodal dan kemudian akan dibayarkan pada waktu yang ditentukan atau saat Reksa Dana dimaksud mencapai batas waktu operasionalnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa transaksi pembelian Reksa Dana terproteksi di PT. Danareksa Investment Management Surabaya terdapat unsur riba. Keuntungan yang akan diterima investor yang sudah dipastikan sebesar 7, 50% pada hakikatnya adalah bunga. Sebagaimana fatwa MUI, bahwa pembungaan masuk dalam kategori riba nasi'ah dan itu haram hukumnya. Seharusnya pembagian keuntungan dilakukan berdasarkan perbandingan prosentase tertentu dari keuntungan sesuai dengan modal investor. Dari apa yang sudah diuraikan di atas, maka diharapkan kepada pengusaha yang bergerak dibidang investasi agar lebih memperhatikan konsep hukum Islam, dan janganlah kita bermuamalah dengan cara yang diharamkan oleh agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Luthfiyatul--UNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Perbankan
Keywords: Transaksi jual beli; pembelian Reksa Dana; Reksa Dana Terproteksi; investasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2019 05:21
Last Modified: 11 Jul 2019 05:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32520

Actions (login required)

View Item View Item