Penyimpangan bahasa dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Putri an Nuriyah Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhriya, Latifatu (2017) Penyimpangan bahasa dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Putri an Nuriyah Wonocolo Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifatu Zuhriya_F520915017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penyimpangan bahasa merupakan kesalahan sebagai suatu penyimpangan sistematik dari kaidah yang berlaku ketika pembelajar belum menguasai sesuatu sehingga secara konsisten menggunakannya dengan cara yang salah. Dalam hal ini terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembelajaran bahasa Arab diantaranya adalah faktor budaya, faktor kecerdasan, dan faktor lingkungan. dari beberapa faktor tersebut sehingga menimbulkan bentuk-bentuk yang mempengaruhi penyimpangan bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab diantaranya adalah bunyi makhraj, struktur kata dan bahasa baku. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan demikian peneliti bisa mengulas lebih dalam tentang bagaimana santri memahami pembelajaran bahasa secara mendetail. Subyek penelitian ini adalah santri pondok pesantren putri An-Nuriyah wonocolo Surabaya dimana kategorinya adalah remaja. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Gambaran penyimpangan bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab adalah bahwa santri menggunakan percakapan sebagaimana mestinya yang dilakukan setiap hari ketika pembelajaran adalah menggunakan bahasa arab. Tetapi, ketika penggunaan bahasa menimbulkan penyimpangan yang dilakukan oleh beberapa santri diantaranya adalah strukturnya yang tidak beraturan dan perubahan makna yang terjadi pada suatu kalimat yang dilakukan setiap hari pada pembelajaran berlangsung. Dalam hal ini santri ketika pembelajaran berlangsung mereka menggunakan bahasa arab tetapi bahasa yang tidak baku sehingga masih menyebabkan kesalahan dalam hal berbahasa. Kesalahan dalam berbahasa disebabkan oleh pembelajar belum menguasai dan memahami sistem bahasa yang sesuai dengan bahasa yang telah digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhriya, LatifatuLatifatuzuhriyah334@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Uncontrolled Keywords: Penyimpangan Bahasa, Santri (Mahasiswi); Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Zuhriya Latifatu
Date Deposited: 11 Jul 2019 08:53
Last Modified: 11 Jul 2019 08:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32515

Actions (login required)

View Item View Item