Analisis konsep pembelajaran Konstruktivistik melalui strategi Mastery Learning serta implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mu'arof, Nur Furotul (2010) Analisis konsep pembelajaran Konstruktivistik melalui strategi Mastery Learning serta implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik. PhD thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Furotul Mu'arof_D31206076.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pergeseran paradigma pembelajaran yang berawal pada konsep stimulus-respon berganti menjadi pendekatan yang lebih menekankan pada hakikat manusia sebagai mahluk pembangun ilmu pengetahuan. Di samping itu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah saat ini masih sebatas sebagai penyampaian Pengetahuan tentang agama Islam". Hanya sedikit yang arahnya pada proses internalisasi nilai-nilai Islam pada diri siswa. Dengan demikian perlu dipikirkan konsep dan strategi pembelajaran yang bisa memberikan peluang untuk terjadinya internalisasi nilai-nilai Islam tersebut. Salah satu konsep pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk proses internal isasi nilai-nilai Islam adalah konsep pembelajaran konstruktivistik dimana peran aktif siswa lebih ditonjolkan, sedangkan guru hanya berperan sebagai mediator dan fasilitator. Untuk pencapaian hasil yang Iebih baik, konsep ini dipadukan dengan strategi mastery learning yang merupakan upaya untuk pencapaian ketuntasan belajar siswa dimana siswa akan mendapatkan keluasan waktu dalam memahami suatu materi dan penugasan yang bersifat remedial. Berdasarkan basil studi pendahuluan, konsep pembelajaran konstruktivistik melalui strategi mastery/ learning ini telah diterapkan dalam proses pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik. Namun sampai sekarang belwn pemah dilaksanakan penelitian tentang bagaimana implementasinya. Maka dari itu penulis tertarik dan merasa perlu untuk mengangkat judul tersebut. Dalam penelitian ini, permasalahan yang akan dibahas adalah (1) Bagaimana konsep pembelajaran iconstruktivistik melalui strategi mastery learning dalam pendidikan agama Islam? (2) Bagaimana implementasi konsep pembelajaran konstruktivistik melalui strategi mastery learning delam pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik? (3) Bagaimana analisis konsep pembelajaran konstruktivistik melalui strategi mastery learning serta implemtmtasinya dalam pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengetahui variabel X dan variabel Y menggunakan rumus prosentase yang kemudian dikembangkan dengan mnggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konsep pembelajaran konstruktivistik melal ui strategi mastery learning dalam pendidikan agama Islan di SMA Muhammadiyah 4 Sidayu kurang baik. Kondisi ini disebabkan oleh kekurang mampuan guru dalam mengarahkan anak didik sehingga anak didik belum depat memahami materi ajar secara utuh. Bagi anak didik yang kurang aktif dala proses pembelajaran lebih suka bercanda dengan teman sebangku. Meskipun masih terclapat kesulitan dalam mengarahkan pemahaman siswa, namun bukan suatu halangan bagi seorang guru untuk terus memberikan rangsangan dan moti'vasi kepada siswa agar mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mu'arof, Nur Furotul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Konsep pembelajaran; pembelajaran Konstruktivistik; strategi Mastery Learning; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:56
Last Modified: 11 Jul 2019 01:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32509

Actions (login required)

View Item View Item