Korelasi Soft Skills Guru PAI dengan Character Building peserta didik MTs Nahdlatul Wathon Tambakboyo Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sadad, Ari Musthofa (2011) Korelasi Soft Skills Guru PAI dengan Character Building peserta didik MTs Nahdlatul Wathon Tambakboyo Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ari Musthofa Sadad_D01206229.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap guru akan berpengaruh terhadap peserta didik, pengaruh tersebut ada yang terjadi secara tidak sengaja, bahkan tidak disadari oleh guru, melalui softskills guru akan lebih besar pengaruhnya dari pada kepandaian dan ilmunya, terutama bagi peserta didik yang masih dalam usia beranjak remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tingkat korelasi softskills guru PM dengan character building peserta didik MTs Nahdlatul Wathon Tambakboyo Tuban. Softskills merupakan keterampilan dan kecakapan hidup, baik untuk sendiri, berkelompok, atau bermasyarakat, serta dengan Sang Pencipta. Dengan mempunyai softskills membuat keberadaan seseorang akan semakin terasa di tengah masyarakat. Keterampilan akan berkomunikasi, keterampilan emosional, keterampilan berbahasa, keterampilan berkelompok, memiliki etika dan moral, santun, dan keterampilan spiritual. karakter merupakan kualitas positif seperti peduli, adil, jujur, hormat terhadap sesama dan bertanggung jawab. Bila guru PAI memiliki softskills yang tinggi, maka akan meningkatkan character building peserta didik. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah ada korelasi antara softskills guru PAI dengan character building peserta didik MTs Nahdlatul Wathon Tambakboyo Tuban dan Hipotesis Nihil (Ho) adalah tidak ada korelasi antara softskills guru PAI dengan character building peserta didik MTs Nahdlatul Wathon Tambakboyo Tuban. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah softskills guru PAI sedangkan character building peserta didik sebagai variable terikat Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II MTs Nahdlatul Wathon Tambakboyo Tuban yang seluruhnya berjumlah 22 peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena jumlah populasi kurang dari 100. Dalam pengumpulan data digunakan metode skala untuk softskills guru PAI, dan character building peserta didik. Nilai korelasi yang diperoleh pada analisis dengan rumus korelasi Product Moment sebesar 0,78 dan setelah hasil tersebut dikonsultasikan dengan "r" tabel product moment dengan N= 22 pada taraf signifikasi 5% adalah 0,423 dan pada tare signifikasi 1% adalah 0,537. Dengan demikian ternyata bahwa r0 lebih besar dari rt, baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif antara softskills guru PAI dengan character building peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sadad, Ari MusthofaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Soft Skills; Character Building
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:23
Last Modified: 11 Jul 2019 01:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32508

Actions (login required)

View Item View Item