Penerapan Authentik Assessment melalui Penilaian Portofolio pada pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sya'diyah, Sholihatin Nurus (2010) Penerapan Authentik Assessment melalui Penilaian Portofolio pada pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sholihatin Nurus Sya'diyah_D01206220.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini telah menjawab tiga rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Penerapan Authentik Assessment Melalui Penilaian Portofolio Pada Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan? (2) Bagaimana tingkat keberhasilan dari Penerapan Authentik Assessment Melalui Penilaian Portofolio Pada Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan? (3) Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam Penerapan Authentik Assessment Melalui Penilaian Portofolio Pada Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan? Penelitian yang penulis lakukan merupakan jenis penelitian kualitatif, sehingga penelitian ini tidak berupa angka-angka tetapi berupa kata-kata yang menggambarkan fakta di lapangan. Da1am melakukan penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta didukung dengan metode angket. Hal ini dilakukan agar dapat memperoleh data yang valid dan representatif sehingga dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sedangkan dalam teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu analisis yang memfokuskan pada penunjukan makna, menjelaskan dan menempatkan data pada konteksnya masing-masing dan melukiskannya dalam bentuk kata-kata, data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menyederhanakan data kedalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan authentik assessment melalui penilaian portofolio pada pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan berjalan efektif dan berhasil, terbukti dengan hasil belajar siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II, skor rata-rata hasil rangkuman diskusi I meningkat dan i 5,6 menjadi 7,2, skor rata-rata hasil rangkuman diskusi II meningkat dan i skor 6,2 menjadi 7,6, skor rata-rata hasil tugas PR 6,8 meningkat menjadi 7,6, skor rata-rata hasil jurnal belajar siswa 6,0 meningkat menjadi 7,3, skor rata-rata hasil refleksi diri meningkat dari 5,9 menjadi 7,0, skor rata-rata hasil tes formatif siswa 6,4 meningkat menjadi 7,4, sehingga diperoleh NiIai Akhir Portofolio(NAP) yang meningkat dari 73,9 menjadi 88,3 dan juga dibuktikan dari hasil angket respon siswa dan guru yang merespon positif(sangat setuju dan setuju) lebih dari 80% dari pertanyaan yang diajukan dalam angket.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sya'diyah, Sholihatin NurusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Authentik Assessment; Penilaian Portofolio
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 10 Jul 2019 08:18
Last Modified: 10 Jul 2019 08:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32505

Actions (login required)

View Item View Item