Studi analisis Maslahah terhadap larangan pembajakan software komputer dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang hak cipta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Winahyu, Rojib Burhan (2010) Studi analisis Maslahah terhadap larangan pembajakan software komputer dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang hak cipta. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rojib Burhan Winahyu_C32205003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah basil penelitian lapangan tentang " Studi Analisis Maslahah Terhadap Larangan Pembajakan Software Komputer Dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta". Penelitian ini bertujuan unruk menjawab pertanyaan apa latar belakang pelarangan pembajakan software komputer dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta? bagaimanakah dampak pelarangan pembajakan software komputer tersebut bagi masyarakat menengah ke bawah? dan bagaimana analisis Mla}Jah terhadap larangan jual beli software bajakan dalam UU No. 19 Tahun 2002 tentang hak cipta? Data penelitian dihimpun melalui teknik wawancara studi dokumen dan observasi selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan logika berfikir indukti£ Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada dasarnya Berawal dari adanya desakan-desakan dari negara-negara asing, HaKI di Indonesia diberlakukan. Sedangkan dalam Pembukaan Undang-Undang Hak Cipta No. 19 Tahun 2002 dijelaskan, Bahwa: a). Melindungi kekayaan intelektual yang lahir dari keanekaragaman etnik/suku, bangsa, dan budaya serta dibidang seni dan sastra. b). Indonesia adalah anggota berbagai perjanjian International. c). Melindungi perkembangan perdagangan, industri, dan investasi yang semakin meningkat. Melindungi perkembangan perdagangan, industri, dan investasi yang semakin meningkat. dari dampak yang ditimbulkan, diantaranya: 1). Sulitnya membangun sebuah usaha dibidang jasa yang berkaitan dengan teknologi komputer. 2). Banyaknya tingkat pengangguran. 3). Berkurangnya wawasan masyarakat menengah ke bawah terhadap teknologi modern. Hasil analisis dari Maslahah terhadap undang­ undang Hak Cipta No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, maka pembajakan merupakan sebuah pencurian atas hak milik seseorang. Dan Islam juga melindungi adanya hak Milik. Maka dari itu perlunya peranan pemerintah unruk memberikan solusi terbaik unruk masyarakatnya. Solusi itu bisa berupa menurunkan harga jual software asli, atau bahkan membuatkan software tersendiri dengan cara kerja yang mudah dioperasikan bagi masyarakat menengah ke bawah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Winahyu, Rojib Burhan--UNSPECIFIED
Subjects: Hak Cipta
Keywords: Maslahah; larangan pembajakan; pembajakan software komputer; hak cipta
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2019 08:14
Last Modified: 10 Jul 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32504

Actions (login required)

View Item View Item