Efektivitas metode pembelajaran Card Sort terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiah, Yana (2010) Efektivitas metode pembelajaran Card Sort terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yana Ilmiah_D01206182.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran aktif adalah metode pembelajaran card sort. Metode ini menggunakan potongan-potongan kertas berisi materi dan siswa menyortir kartu yang mempunyai kategori yang sama. Dengan diterapkan metode tersebut, diharapkan pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan dan siswa mampu memahami materi pelajaran yang telah diajarkan. Karena dalam penggunaan metode tersebut, siswa juga ikut berperan aktif. Atas dorongan inilah, penulis terdorong untuk mengadakan penelitian di Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain; Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran card sort pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi kemampuan guru dan aktivitas siswa, Bagaimana prestasi belajar siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya, adakah perbedaan efektivitas metode pembelajaran card sort terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA kelas X SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya. Untuk metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Dan untuk metode analisisnya menggunakan analisis kuantitatif statistic non parametric SPSS 17.0 menggunakan uji t independent sample test. Berdasarkan analisis kemampuan guru dalam mengelola metode pembelajaran card sort. diketahui bahwa kemampuan guru dalam mengelola metode pembelajaran card sortselama dua kali pertemuan termasuk kategori sangat baik. erdasarkan analisis aktivitas siswa selama mengikuti metode embelajaran card sort. dapat diketahui bahwa aktivitas siswa tergolong aktif; hal ini sesuai dengan jumlah rata-rata sebesar 75,4 % sementara jumlah rata-rata aktivitas tidak aktif siswa selama dua kali pertemuan sebesar 24,4 %. Sedangkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran card sort termasuk baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata prosentase ketercapaian skor test siswa kelas eksperimen telah tercapai sebesar 84,0606, sedangkan rata-rata skor test kolas kontrol adalah 62,5758 maka, metode pembelajaran card sort efektif dalam prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan uji t dengan hasil t hitung : 11,649 >t tabel : 2,145 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya pelaksanaan metode pembelajaran card sort efektif terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiah, YanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Card Sort
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:46
Last Modified: 10 Jul 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32503

Actions (login required)

View Item View Item