Pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan Guru Praktikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Langgeng Arif Budi (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan Guru Praktikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Langgeng Arif Budi Setiawan_D01205137.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Bagaimana persepsi siswa tentang keberadaan guru Praktikan Pendidikan Agama Islam di Kelas XI IPA SMAN 1 Kota Mojokerto. (2) Bagaimana motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Kota Mojokerto. (3) Bagaimana Pengaruh keberadaan guru Praktikan terhadap motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional, yaitu dengan menekankan fenomena-fenomena objektif dan di kaji dengan pendekatan korelasional atau menghubungkan antara variabel satu dengan yang lain. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi dimana peneliti langsung terjun ke lapangan, wawancara yaitu dengan langsung mewawancarai atau minta keterangan kepada beberapa obyek yang berada di tempat penelitian, dan juga menggunakan angket yang di sebar kepada responden untuk mendapatkan suatu hasil penelitian. Penelitian ini menkorelasikan adakah hubungan antara persepsi siswa tentang keberadaan guru praktikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa di kelas XI IPA 2 di SMAN 1 Kota Mojokerto. Data-data yang di peroleh menunjukkan bahwa ada hubungan antara persepsi siswa tentang keberadaan guru praktikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Dan hasil penelitian ini ternvata dapat di ambil satu pelajaran khususnya bagi guru pendidikan agama Islam, bahwasannya dalam belajar Pendidikan Agama Islam di kelas, hal yang pertama yang perlu di perhatikan adalah bagaimana menimbulkan persepsi yang bagus oleh guru kepada siswa tentang profil dan gaya mengajarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Langgeng Arif BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Guru Praktikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:33
Last Modified: 10 Jul 2019 07:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32502

Actions (login required)

View Item View Item