De-westernisasi dan Islamisasi Pendidikan perspektif Syed Naquib al-Attas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwaningsih, Yeni (2010) De-westernisasi dan Islamisasi Pendidikan perspektif Syed Naquib al-Attas. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yeni Purwaningsih_D21206286.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era globalisai ini kondisi pendidikan Islam semakin termarginalkan dengan pendidikan umum, para generasi muda jauh dari nilai-nilai agama, mereka lebih mengandalkan rasionalitas semata, nilai-nilai agama semakin terkikis. Selain itu peradaban Barat semakin mendominasi berbagai aspek kehidupan. Hal ini mendorong para pemikir muslim untuk melakukan pembaharuan dibidang pendidikan. Diantaranya Syed Muhammad Naquib al-Attas, dengan gagasannya de-westernisasi dan Islamisasi pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Reserch), data penelitian ini dihimpun dengan menggali dari buku-buku yang berkenaan dengan dewesternisasi dan Islamisasi Pendidikan perspektif Syed Muhammad Naquib al-Attas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan tentang permasalahan: 1) Bagaimanakah sejarah kehidupan Syed Muhammad Naquib al Attas?, 2) Bagaimanakah konsep de-westernisasi dan Islamisasi menurut Syed Muhammad Naquib al-Attas? Dari analisis data ditemukan, pertama: Syed Muhammad Naquib adalah seorang ilmuwan berkebangsaan Malaysia, beliau dikenal dengan gagasannya mengenai de-westernisasi dan Islamisasi. Beliau termasuk ilmuwan yang memiliki perhatian besar pada dunia pendidikan. Kedua: De-westernisasi dan Islamisasi bertujuan menghilangkan unsur-unsur sekuler dari tubuh ilmu pengetahuan dan memasukkan unsur-unsur Islam kedalam ilmu pengetahuan. Langkah-langkah Naquib dalam hal ini diantaranya: Islamisasi pengetahuan, Islamisasi Bahasa, tafsir dan ta'wil. De-westernisasi dan Islamisasi ini menyebabkan hilangnya dikotomi antara agama dan ilmu pengetahuan umum. Peserta didik tidak hanya pandai dalam ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki kepribadian Islami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwaningsih, YeniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: De-westernisasi; Islamisasi Pendidikan; Syed Naquib al-Attas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:51
Last Modified: 09 Jul 2019 02:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32490

Actions (login required)

View Item View Item