Hubungan implementasi strategi pembelajaran TGT (Team Game Turnament) terhadap tingkat prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidik Agama Islam di SMA Taruna Surabaya tahun ajaran 2010/2011

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Nuris (2010) Hubungan implementasi strategi pembelajaran TGT (Team Game Turnament) terhadap tingkat prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidik Agama Islam di SMA Taruna Surabaya tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuris Sa'adah_D01206179.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi siswa adalah dengan cara mengunakan model pembelajaran/strategi pembelajaran yang menarik, salah satunya mengunakan model TGT (Team Game Turnament) untuk meningkat prestasi siswa di SMA Taruna Surabaya, khususnya dalam pelajaran Pendidik Agama Islam. Bagaimana hasil dari proses belajar mengajar itu tergantung pada guru, bagaimana guru mengelolah kelas agar siswa tidak pasif yaitu dengan cara menggunakan beberapa variasi strategi pembelajaran sehingga siswa bisa aktif dan senang dalam menerima pelajaran. Salah satu cara untuk mengaktifkan siswa adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran TGT (Team Game Turnament). Siswa bisa aktif baik di kelompok maupun pada waktu turnamen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pembelajaran TGT (Team Game Turnament), bagaimana prestasi siswa sada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan adakah Hubungan implementasi strategi pembelajaran TGT (Team Game Turnament) terhadap tingkat prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Taruna Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Taruna Surabaya. Untuk memperoleh data penulis penulis mengunakan beberapa metode, yaitu observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan prosentase. Analisis data mengunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 17,0. Dari data yang didapat menunjukkan bahwa prestasi siswa dianalisis dengan mengunakan bantuan program SPSS 17,0, didapatkan bahwa hasil r hitung sebesar 0,458 dan r tabel sebesar 0,361, hal ini berarti r hitung 0,458 > 0,361, yaitu Ho ditolak dan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan implementasi strategi pembelajaran TGT (Team Game Turnament) terhadap tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Taruna Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, NurisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Uncontrolled Keywords: Team Game Turnament; TGT
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:03
Last Modified: 09 Jul 2019 02:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32484

Actions (login required)

View Item View Item