Korelasi penggunaan metode Silent Demonstration terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah NU Berbek Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Roudlotul (2010) Korelasi penggunaan metode Silent Demonstration terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah NU Berbek Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roudlotul Jannah_D01206146.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh manfaat metode silent demonstration sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar anak untuk lebih giat dalam belajar, akan tetapi masih banyak guru yang belum memanfaatkan metode silent demonstration sebagai sarana dan media untuk merangsang minat belajar peserta didik, sehingga banyak pula yang apabila telah selesai disampaikan materi Pelajaran fiqih, maka dengan mudahnya peserta didik melupakan tanpa ada suatu kesan apapun terhadap materi pelajaran yang telah di sampaikan oleh guru. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian, maka dirumuskan beberapa permasalahan antara lain: (1) Bagaimana penggunaan metode Silent Demonstration di Madrasah Tsanawiyah NU Berbek Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah NU Berbek Waru Sidoarjo? (3) Adakah korelasi penggunaan metode Silent Demonstration Terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah NU Berbek Waru Sidoarjo? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, dokumentasi dan angket. Dan untuk menganalisis angket adalah dengan prosentase, mean dan statistik yaitu dengan menggunakan product moment. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode Silent Demonstrasion di MTs NU Berbek Waru Sidoarjo tergolong sangat baik. Hal itu terbukti dari hasil perhitungan angket dengan nilai 76,72%. (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih berpredikat baik dengan basil nilai rata-rata prestasi belajar siswa yakni (80,26 + 80,78), yang kemudian dibagi dengan banyaknya jenis nilai sebanyak 2. Maka jumlah rata-rata nilai prestasi yang diperoleh adalah 80,52. (3) Hubungan antara penggunaan metode silent demonstrasion dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih MTs NU Berbek Waru Sidoarjo adalah sangat tinggi. Dimana r hitung 13,54 itu berada di atas antara 0,800 sampai dengan 1,000 yang artinya korelasinya sangat tinggi, dengan demikian dapat dikatakan bahwa hubungan antara penggunaan metode silent demonstrasion dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih MTs NU Berbek Waru Sidoarjo adalah sangat tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Roudlotul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode beljar; Silent Demonstration; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2019 08:29
Last Modified: 08 Jul 2019 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32475

Actions (login required)

View Item View Item