Pengaruh penerapan metode Sosiodrama terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa di SMP Bina Bangsa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Uliyah (2010) Pengaruh penerapan metode Sosiodrama terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa di SMP Bina Bangsa Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uliyah Hikmah_D01206244.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, pemilihan metode pembelajaran dapat mempengaruhi kreativitas belajar siswa, pembelajaran yang sering diteraplcan guru mengakibatkan siswa cenderung menghafal dan bekerja secara prosedural dan memahami materi tanpa bernalar. Hal ini berakibat kreativitas siswa rendah karena dalam pembelajaran peran siswa bersifat pasif hanya mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan latihan-latihan soal yang diberikan oleh guru. Salah satu metode atau teknik pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah sosiodrama. Kreativitas siswa di sekolah ma-sih perlu ditingkatkan. Kreativitas belajar yang termasuk dalam keterampilan berperan masih dianggap sulit oleh siswa. Kesulitan berperan ini terefleksi pada kecanggungan siswa tentang apa yang harus diperankan, bagaimana menghayati peran tertentu, dan bagaimana memerankan. Sementara itu, pembelajaran PAI yang diselenggarakan kurang menekankan pada latihan (praktik). Kalaupun ada latihan, kegiatan itu tidak efektif dan menarik bagi siswa. Di samping itu, teknik mengajar guru kurang bervariasi. Jika hal itu terus tejadi, maka tujuan pembelajaran PAI tidak akan pemah tercapth. Siswa akan tetap canggung dan gugup dalam sosiodrama. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat mengarahkan dan mentransfer ide-ide atau gagasan yang dapat dikemukakan oleh siswa dan merangsang siswa untuk aktif dalam memahami suatu masalah. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana penerapan metode sosiodrama dalam bidang studi Agama Islam, 2)Bagaimana peningkatan kreativitas belajar siswa di SMP Bina Bangsa, 3)Bagaimana pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa di SMP Bina Bangsa Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa SMP Bina Bangsa Siwalan Kerto Surabaya. Dengan populasi sebanyak 526 siswa yang terdiri dari tiga kelas (VII, VIII, IX). Path penelitian ini adalah hanya mengambil 53 sampel, dengan perincian kelas VII sebanyak 20 anak, kelas VIII sebanyak 18 anak, kelas IX sebanyak 15 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Produk Moment, Wawancara, Dolcumentasi, Observasi, dan Angket. Sedanglcan bentuk desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasional dengan rancangan Prosentase, yang kemudian dilanjutican dengan analisis Statistik Produk Moment untuk menganalisa data tersebut Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hasilkorelasi yang tinggi dari penerapan metode sosiodrama terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa. Ini dapat dilihat dari hasil prosentase penerapan metode sosiodrama sebesar 80% dan prosentase kreativitas belajar sebesar 80%. Ini menunjukkan tingkat kriteria yang sangat baik yaitu terletak antara 76%-100%. Dalam hasil perhitungan Produk Moment sebesar 0,823. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,273 dan taraf signifikansi 1% yaitu 0,354 (0,273 <0,823 > 0,354). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama sangat efektif untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa di SMP Bina Bangsa Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, UliyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Metode Sosiodrama; Sosiodrama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 08 Jul 2019 08:06
Last Modified: 08 Jul 2019 08:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32473

Actions (login required)

View Item View Item