Efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan aklllak siswa SMA Almaarif Kecamatan Jombang Kabupaten Jember Tahun 2008/2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuris, Muhammad Anwar (2010) Efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan aklllak siswa SMA Almaarif Kecamatan Jombang Kabupaten Jember Tahun 2008/2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Anwar Nuris_D51206180.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAl) di sekolah sangatlah penting dalam pembentukan watak dan karaterisktik seorang siswa. Pada dasarnya pendidikan di golongkan menjadi dua (1) Pendidikan Umum (2) Pendidikan Agama Pendidikan Umum adalah pendidikan yang pada prinsipnya membentuk kepandaian siswa dengan tujuan mendapat kesuksesan di dunia. Pendidikan agama adalah pendidikan yang mmpunyai arah tujuan untuk mencari kebahagiaan dan ksuksesan di dunia dan di akhirat. Pendidikan di sekolah umum lebih banyak mengoptimalkan mata pelajaran umum sedangkan mata pelajaran agama sangat minim dan terkadang hanya sebagai fonnalitas atau pelengkap saja. Padahal pendidikan agama sangat penting untuk membentuk akhlak siswa ke arah yang lebih baik. Hal ini bisa di lihat dari dalam maupun luar. Dari dalam yaitu ketika siswa berada di linngkungan sekolah. Sedangkan dari luar yaitu ketika mereka barada di luar sekolah. Adapaun permasalahan yang ada atau yang di ambil dari latar belakang masalah sebagaimana yang tersebut dalam rumusan masalah yaitu bagaimanakah pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di SMA Al Maarif kecamatan Jombang Kabupaten Jember Tahun 2008/2009. Nantinya akan di pecahkan pada pembahasan selanjutnya sebagai tujuan penelitian ingin mengetahui sejauh mana Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa SMA AL maarif Kecamatan Jombang Kabupaten Jember Tahun 2008/2009 yang telah di rumuskan dalam skripsi ini. Untuk pemecahan masalah yang telah di rumuskan dalam karya ilmiah ini, sangat di butuhkan adanya teori dan disitir dari pendapat para ahli. Hal ini dilakukan untuk mencari kesimpulan sementara. Hipotesa merupakan kesimpulan sementara, dimana kebenarannya masih harus dibuktikan dengan mengadakan penelitian di lapangan. Untuk mengadakan penelitian yang benar dan ilmiah maka diperluka metode-metode, misalnya penentuan daerah penelitian, metode penentuan responden, populasi, metode pengumpulan data dan metode analisa data. Dari analisa data dari seluruh data yang terkumpul, maka akan di ketahui apakah teori atau hipotesa yang telah di kemukakan akan sesuai dengan realitas yang ada di lapangan atau sebaliknya yaitu teori justru berolak belakang dengan kenyataan sebagai basil dari penelitian lapangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuris, Muhammad Anwar--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; pembentukan aklllak; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2019 07:51
Last Modified: 08 Jul 2019 07:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32472

Actions (login required)

View Item View Item