Peranan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Ma'arif Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saiful, Saiful (2010) Peranan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Ma'arif Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saiful_D51206181.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam lembaga pendidikan akan menemukan beberapa pennasalahan pada diri peserta didik, baik berupa kesulitan belajar atau kenakalan yang menjangkit pada peserta didik, hal seperti itu kadang kala tidak ada respon dari dewan guru atau guru bimbingan dan konseling, mereka beranggapan kejadian tersebut sebagai kewajaran dalam dinamika pendidikan, bahkan yang sangat disayangkan sekali seorang guru tidak mau tahu terhadap sikap peserta didik yang mendapat kesulitan dalam belajar, mereka seolah-olah tidak mempunyai tanggung jawab terhadap fungsi sebagai guru harus profesional, dan tanggap terhadap gejala perkembangan peserta didik di lingkungan sekolah. Dalam mengatasi pesoalan yang timbul pada peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, ketika lembaga pendidikan juga memperhatikan lembaga konseling yang di dalamnya di tempatkan tenaga-tenaga khusus yang profesioanal dan terstruktur dalam dunia pendidikan. Karena lembaga bimbingan itu adalah suatu kesatuan yang integral dari seluruh program dan kebijakan lembaga pendidikan. Berpijak dari pennasalahan di atas, dapat dirumuskan bahwa bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Ma'arif Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009? dan yang menjadi tujuan adalah untuk mendeskripsikan mendiskripsikan pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Ma'arif Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan hasilnya tidak berupa angka-angka tetapi bersifat ilmiah. Metode penentuan sampel ditetapkan purposive sampling. Sedang metode pengumpulan data adalah metode observasi, interview dan dokumenter, dari data yang sudah diperoleh dapat dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif reflektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:Pelaksanaan bimbingan dan koseling baik perencanaan program, implementasi program dan evalusi bimbingan dan konseling yang ada di Madrasah Aliyah Ma'arif Kencong sudah dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan motivasi belajar siswanya. Karena semua elemen yang ada di Madrasah Aliyah Ma'arif Kencong Jember mendukung terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling, baik dari kepala sekolah, koordinator bimbingan dan konseling, dan prasarana mendukung terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Para guru mata pelajaran berusaha

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saiful, Saiful--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Bimbingan Belajar
Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Bimbingan belajar; Bimbingan konseling; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2019 07:37
Last Modified: 08 Jul 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32471

Actions (login required)

View Item View Item