Pengaruh metode debat aktif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di kelas VIII MTs Hasanuddin Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslamah, Binti (2010) Pengaruh metode debat aktif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di kelas VIII MTs Hasanuddin Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Maslamah_D01206207.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari pendidikan agama Islam yaitu untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahtuan, pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang. Berdasarkan tujuan Pendidikan Agama Islam tersebut, guru memegang peran yang sangat panting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pembelajaran yang dilaksanakannya. Oleh karena itu, guru agama dalam mengajar khususnya dalam mata pelajaran fiqh barus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai berbagai macam metode mengajar, karena metode merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan. Salah satu metode yang dapat menggugah semangat dan minat belajar dalam proses belajar mengajar adalah dengan menggunakan metode debat aktif. Debat merupakan pengajaran yang berupaya mencari jalan tengah yang diharapkan dapat melibatkan guru dengan siswanya, sehingga keduanya dapat berperan aktif dalam proses belajar mengajar tanpa ada dominasi yang berlebthan dari kedua belah pibak dan dtharaplcan pula adanya kerja sama yang terjalin antara siswa dalam kelompok dapat menunjang minat belajar siswa. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (1) bagaimana penerapan metode debat aktif pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Hasanuddin Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan?, (2) bagaimana minat belajar siswa di kelas VIII MTs Hasanuddin Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan sesudah menggunakan metode debat aktif?, (3) adakah pengaruh metode debat aktif dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas VIII MTs Hasanuddin Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan?. Dalam menjawab permasalahn tersebut, peneliti menganalisis dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan metode debat aktif di MTs Hasanuddin Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan adalah (2) minat belajar siswa di MTs Haganuddin Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan tergolong cukup baik, (3) ada pengaruh penerapan metode debat aktif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Hasanuddin Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Berdasarkan analisis, diperoleh hitungan 0,421 sedangkan r tabel dapat diketahui df = 70 pada taraf signincansi 5% adalah 0,235 dan pada taraf signifikasi 1% adalah 0.306 dengan jumlah responden 69 siswa. Jadi, r hitung lebih besar dari pada r tabel berarti hipotesis alternatif (ha) yang berfungsi ada korelasi antara metode debat aktif dengan minat belajar siswa diterima. Sedangkan hipotesis nilai (Ho) ditolak Kemudian korelasi penerapan metode debat aktif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Hasanuddin Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan adalah cukup. Hal ini berdasarkan tabel interpretasi nilai "r", dimana r hitung 0,421 beracla antara 0,400 sampai dengan 0,700 berarti korelasinya cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslamah, BintiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Metode Debat Aktif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:48
Last Modified: 08 Jul 2019 04:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32470

Actions (login required)

View Item View Item