Studi komparatif sistem pengajaran pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Hibrul (2010) Studi komparatif sistem pengajaran pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hibrul Umam_D01206103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam berbagai sistem pengajaran pasti terdapat kelebihan dan kekurangan. Sekingga pihak-pihak lembaga pendidikan atau guru harus memadukan berbagai metode dan prinsip yang telah ditawarkan oleh pakar atau tokoh-tokoh pendidikan. Termasuk diantaranya adalah Imam Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat. Hemat penulis, Karena dalam islam sendiri terdapat paradigma, yakni Al-Muhafadhatu 'Ala AlQadimi Al-Shalih wa Al- Akhdu bi Al-Jadid Al —Ashlah (melestarikan konstruksi (sistem pengajaran) lama yang masih relevan, dan mengambil hal (sistem pengajaran) baru yang lebih progesif). Penelitian ini membahas tentang sistem pengajaran pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat. Hal ini penulis lakukan, karena sistem pengajaran pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat terdapat persamaan dan perbedaan. Dan penelitian ini, penulis berharap dapat dijadikan rujukan bagi para guru atau lembaga pendidikan di masa sekarang. Karena dari pandangan penulis, bahwa sistem pengajaran pendidikan Islam versi Imam AlGhazali dan Zakiah Daradjat masih relevan diterapkan pada pengajaran kontek sekarang meskipun perlu adanya penyempurnaan. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pandangan Imam Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat, tentang sistem pengajaran pendidikan Islam. Ada empat hal yang dibahas dalam skripsi ini: (1) bagaimana sistem pengajaran pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazah. (2) bagaimana sistem pengajaran pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat. (3) bagaimana persamaan dan perbedaan sistem pengajaran pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat (4) apa kelebihan dan kekurangan dari sistem pengajaran pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan historis, filosofis dan metode analisis data induktif, deduktif, komparatif serta deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Imam Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat memiliki kontribusi yang sangat besar dalam rangka mengkontruksi sistem pengajaran pendidikan Islam. Dari analsis data-data yang penulis temukan ternyata kontribusi pemikiran kedua figtu- ini, terdapat suatu perbedaan walaupun lebih banyak persamaamwa. Disamping itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Secara operasional, konsepnya masih sangat relevan diaplikasikan dan dijadikan altematif acuan bagi seorang guru atau lembaga-lembaga pendidikan masa. sekarang, namun harus menggunakan bentuk pendekatan baru serta diperlukan penyempurnaan sesuai dengan kebutuhan kontek zaman sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, HibrulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pendidikan Islam; Imam Al-Ghazali; Zakiah Daradjat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 08 Jul 2019 02:53
Last Modified: 08 Jul 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32468

Actions (login required)

View Item View Item