Upaya pengembangan kreativitas anak melalui metode permainan di Taman Kanak-Kanak (TK) Dewi Masyithoh Wonoroto Umbulsari Kabupaten Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslih, Imam (2009) Upaya pengembangan kreativitas anak melalui metode permainan di Taman Kanak-Kanak (TK) Dewi Masyithoh Wonoroto Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Muslih_D51206171.pdf

Download (5MB)

Abstract

Meningkatkan kreativitas hendaknya merupakan bagian integral dari setiap program pendidikan. Jika meninjau tujuan program atau sasaran belajar sisw kreativitas biasanya disebut juga prioritas. Hal ini dapat dipahami jika kita melihat dasar pertimbangan (rasional) mengapa kreativitas perlu dipupuk dan dikembangkan. Pada usia kanak-kanak, fungsi bermain mempunyai pengaruh besar sekali bagi perkembangan anak. Jika pada orang dewasa sebagian dari perbuatannya diarahkan pada pencapaian tujuan dan prestasi dalam bentuk kegiatan kerja. Maka kegiatan anak sebagian besar berbentuk aktivitas bermain. Sebagai calon pendidik yang profesional pada sebuah lembaga pendidikan, penulis merasakan betapa pentingnya membekali diri dengan pemahaman dan penguasaan materi yang mendalam mengenai upaya pengembangan kreativitas anak melalui permainan, sehingga kreativitas anak bisa disalurkan sesuai dengan bakat dan kemampuan anak itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak melalui permainan; (2) Bagaimana peran serta dan usaha guru juga orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak. Obyek penelitian skripsi ini bertempat di Taman Kanak-kanak (TK) Dewi Masyithoh. Populasi penelitian diambil dari segala apa yang ada di TK Dewi Masyithoh tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, yaitu untuk mengetahui tentang latar belakang, keadaan guru dan murid, keadaan sarana dan prasarana serta metode pendidikan yang digunakan di TK. Dewi Masyithoh. Dan teknik analisis datanya menggunakan analisis induktif dan deskriptif. Maka dalam hal ini upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak melalui permainan adalah dengan mendorong motivasi instrinsik. Motivasi instrinsik ini akan tumbuh jika guru memungkinkan anak untuk biasa diberi otonomi sampai batas tertentu serta peran orang tua dan guru yaitu sebagai pendidik yang bisa membantu anak untuk membentuk pribadi seorang muslim dan bisa mengembangkan daya kreativitas anak. Penelitian ini hanya menghasilkan kesimpulan tentang upaya pengembangan kreativitas anak melalui permainan, maka perlu rekomendasi penelitian lanjutan tentang pengaruh dan dampak permainan terhadap kreativitas anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslih, Imam--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kreativitas; kreativitas anak; metode permainan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2019 08:08
Last Modified: 08 Jul 2019 08:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32467

Actions (login required)

View Item View Item