Kemampuan Tim Penyusun Soal SKI MTs dalam menyusun soal Higher Order Thinking Skills (HOTS): studi kasus di Lembaga Pendidikan Ma'arif MWC NU Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusno, Moh. (2019) Kemampuan Tim Penyusun Soal SKI MTs dalam menyusun soal Higher Order Thinking Skills (HOTS): studi kasus di Lembaga Pendidikan Ma'arif MWC NU Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Kusno_F02317088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan cara berpikir lebih tinggi dari pada menghafal fakta, atau menerapkan peraturan, rumus, dan prosedur. HOTS mengharuskan melakukan sesuatu berdasarkan fakta. Membuat keterkaitan antar fakta, mengategorikannya, memanipulasinya, dan menempatkannya pada konteks atau cara yang baru, dan mampu menerapkannya untuk mencari solusi baru terhadap sebuah masalah. Untuk itu, guru harus memiliki pengetahuan dan keahlian untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa. Dalam rangka untuk mewujudkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa, Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif MWC NU Paciran Lamongan jenjang MTs., melalui Tim penyusun soal SKI telah menyusun soal HOTS yang telah diterapkan pada PAS Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk memotret kemampuan dan untuk mengidentifikasi kendala-kendala Tim Penyusun Soal SKI MTs. dalam menyusun soal HOTS di LP Ma’arif MWC NU Paciran Lamongan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian Deskriptif Kualitatif. Data yang diperoleh melalui Data Dokumentasi dan Wawancara. Data dokumentasi dan hasil wawancara tersebut dianalisis dengan analisis non statistik, kemudian seluruh data yang diperoleh dideskripsikan untuk mengetahui potret kemampuan Tim Penyusun soal SKI MTs. dalam menyusun soal HOTS serta mengungkap kendala-kendala yang dialami oleh Tim Penyusun soal SKI MTs. dalam menyusun soal HOTS di LP Ma’arif MWC NU Paciran Lamongan. Hasil penelitian ini menunjukan potret kemampuan tim penyusun soal SKI MTs. dalam menyusun kisi-kisi soal HOTS kategori KURANG; kemampuan menyusun lembar soal HOTS kategori BAIK; dan kemampuan menyusun kunci jawaban atau pedoman penskoran kategori BAIK. Kendala menyusun kisi-kisi soal HOTS antara lain: 1) sulit menerapkan KKO yang tepat pada indikator; 2) sulit menghubungkan satu konsep ke konsep yang lain; 3) sulit menentukan indikator; 4) membutuhkan kejelihan dan ketelatenan dalam menyusun indikator soal. Kendala menyusun lembar soal HOTS yaitu sulitnya mencari referensi buku, informasi yang stimulus yang menarik dan kontekstual. Kendala dalam menyusun kunci jawaban atau pedoman penskoran yaitu sulitnya mencari pengecoh soal dan sulitnya menentukan skor nilai terhadap jawaban siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusno, Moh.mohkusno98@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Nahdlatul Ulama
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Tim Penyusun Soal SKI MTs; Higher Order Thinking Skills; Soal HOTS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kusno Moh.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:08
Last Modified: 11 Jul 2019 04:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32465

Actions (login required)

View Item View Item