Pemberdayaan Ekonomi Istri Peternak Sapi Perah melalui pengelolaan Kerupuk Susu Sapi Perah di Dusun Kedungwulan Trowulan Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hima, Rika Faikhotul (2019) Pemberdayaan Ekonomi Istri Peternak Sapi Perah melalui pengelolaan Kerupuk Susu Sapi Perah di Dusun Kedungwulan Trowulan Mojokerto. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Faikhotul Hima_B92215087.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan ekonomi istri peternak Dusun Kedungwulan yang merupakan salah satu upaya untuk membangun perubahan ekonomi mereka guna memperoleh pendapatan yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan adanya kesadaran aset individu maupun lingkungan serta memanfaatkan kreatifitas yang dimiliki. Sehingga, aset serta kreatifitas tersebut dapat dikembangan dengan baik untuk mencapai cita-cita yang diharapan. Pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Yang mana pendekatan ini dimulai dari melihat aset yang dimiliki oleh masyarakat. Pendekatan ini juga memiliki beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mewujudkan harapan masyarakat. Dalam proses pendampingan ini pendamping menggunakan tahap 5-D yaitu Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Dengan melalui lima tahapan tersebut pendamping mengajak masyarakat mengenali aset atau potensi yang dimiliki dusun Kedungwulan maupun diri mereka sendiri. Tahap yang awal pendamping mengajak masyarakat mengingat dan menceritakan kisah sukses masa lalu untuk menumbuhkan kembali semangat yang tercipta untuk mencapai kesuksesan dahulu. Selanjutnya kita mengajak masyarakat untuk memimpikan masa depan yang bisa terwujud. Lalu merumuskan mimpi yang ingin diwujudkan bersama dan merancang langkah sukses untuk merengkuh masa depan yang diinginkan. Menentukan fokus program yang akan diwujudkan apa saja juga memahami mendalam tentang lingkungan serta masyarakat setempat. Yang terakhir pendamping mengajak masyarakat untuk mengaplikasikan kegiatan yang sudah dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan dengan cara aksi bersama. Pemberdayan yang dilakukan dalam pendampingan ini adalah edukasi tentang wirausaha, inovasi produk, dan pemasaran di toko sekitar. Dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa seluruh rangkaian kegiatan berdampak positif pada pemberdayaan istri peternak sapi perah melalui pengelolaan susu sapi perah Dusun Kedungwulan. Hasil dari pendampingan ini ialah istri peternak dapat memanfaatkan aset peternakan dengan baik, istri peternak dapat memahami cara meningkatkan penghasilan dari ternak susu sapi perah, dan pemasaran produk dapat memanfaatkan toko sekitar dan aset wisata Desa Bejijong. Melalui istri peternak penjualan susu sapi perah yang diolah menjadi kerupuk susu memiliki nilai jual lebih tinggi dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hima, Rika Faikhotulrikaaa279@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Peternakan > Ternak Sapi
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hima Rika Faikhotul
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:38
Last Modified: 11 Jul 2019 01:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32462

Actions (login required)

View Item View Item