Pengaruh tata tertib sistem poin terhadap kedisiplinan siswa di MA Unggulan Step-2 IDB Darul Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Lina (2010) Pengaruh tata tertib sistem poin terhadap kedisiplinan siswa di MA Unggulan Step-2 IDB Darul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lina Handayani_D01206154.pdf

Download (4MB)

Abstract

Adanya persaingan yang sangat ketat dalam jajaran sekolah formal, menjadikan banyak cara yang ditempuh untuk menghasilkan siswa yang berkualitas. Mulai dari mutu pendidikan, fasilitas sekolah, pengelolaan kelas dan kedisiplinan siswa. Dalam pengelolaan sekolah dengan pendekatan demokratis, program sekolah disusun secara cermat. Penyusunan tentang peraturan, ketentuan dan pedoman yang berlaku bagi umum dibuat dengan mengikutsertakan siswa sehingga mudah keterlaksanaanya. Peraturan yang dibuat di sekolah untuk kedisiplinan dan kelancaran proses belajar mengajar. Pada hakikatnya tata tertib adalah aturan-aturan yang dibuat untuk mengendalikan tingkah laku siswa ketika berada di lingkungan sekolah dan di luar sekolah dalam proses sosialisasi diri dengan lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun masyarakat serta merupakan salah satu alat yang di pakai untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Tata tertib sistem poin adalah suatu tatanan, peraturan, hukum dengan berbentuk butir (nilai) yang dapat dijadikan dasar atau kegiatan dari suatu organisasi tertentu untuk menjadikan siswa berperilaku lebih baik. Sedangkan kedisiplinan adalah keadaan dimana suatu itu berada dalam keadaan tertib, teratur dan tiada suatu pelanggaran secara langsung maupun tidak langsung. Dari skripsi ini peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan tata tertib sistem poin di MAU STEP-2 IDB Darul Ulum Jombang, Bagaimana kedisiplinan siswa di MAU STEP-2 IDB Darul Ulum Jombang, dan Adakah pengaruh antara pelaksanaan tata tertib sistem poin terhadap kedisiplinan siswa di MAU STEP-2 IDB Darul Ulum Jombang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus statistik, yaitu: rumus prosentase dan rumus product moment. Berdasarkan hasil penelitian, kemudian disimpulkan bahwa pelaksanaan tata tertib sistem poin di MA Unggulan STEP-2 IDB Darul Ulwn Jombang terbilang cukup karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 56% - 75%. Dan kedisiplinan siswa di MA Unggulan STEP-2 IDB Darul Ulum Jombang juga terbilang cukup karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 56% - 75%. Sedangkan dalam pelaksanaan tata tertib sistem poin di MA Unggulan STEP- 2 Darul 'Ulum Jombang mempunyai pengaruh yang positif tinggi atau kuat terhadap kedisiplinan siswa. Hal ini berdasarkan dari hasil penghitungan product moment, hasil yang di peroleh adalah 0,7577 dan pada tabel interpretasi barada pada nilai r = 0,70 -0,90 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Lina--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Manajemen Kelas
Uncontrolled Keywords: Tata tertib; sistem poin; kedisiplinan siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2019 08:33
Last Modified: 05 Jul 2019 08:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32460

Actions (login required)

View Item View Item